Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

slug adalah

Pengertian, Fungsi Dan Tips Membuat Slug Pada Website

4 min read

Share this article

Slug menjadi salah satu poin penting yang wajib diketahui bagi semua pemilik blog maupun website.

Hal ini dikarenakan slug merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh agar sebuah blog atau website bisa memiliki traffic yang tinggi. Apa Itu slug? Anda bisa membaca beberapa hal mengenai slug pada penjelasan dibawah ini.

Pengertian Slug

Slug adalah teks atau URL yang biasanya berada tepat setelah nama domain. Bisa dikatakan bahwa slug ini merupakan sebuah elemen yang sangat penting didalam sebuah website. Hal ini karena keberadaannya akan membantu anda untuk mengarahkan pengunjung website atau blog agar mengklik dan membaca konten anda.

Mungkin masih banyak yang belum begitu memahami tentang pentingnya peran dari slug ini. Padahal pada kenyataannya slug ini memang memegang peran yang cukup penting untuk menaikkan traffic pada setiap konten yang ada di dalam blog ataupun website anda tersebut.

Sebagai contohnya yaitu www.tipscantik.com/alami/. Maka keterangan dari link atau URL diatas adalah tipscantik.com sebagai nama domainnya, kemudiam alami merupakan slugnya.

Fungsi Slug Dalam Website

Dari apa yang telah dijelaskan diatas, maka bisa dikatakan bahwa Slug adalah sebuah tambahan teks pada link atau URL setelah nama domain yang pastinya akan semakin memperjelas isi dari konten website atau blog anda. Atau bisa dikatakan slug ini memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Mengoptimalkan SEO

Peran SEO sangat penting dalam sebuah blog atau website. Hal ini karena SEO dapat membantu memaksimalkan rangking konten anda agar bisa selalu muncul pada pencarian teratas pada pencarian google. Dengan begitu tentunya traffic website atau blog akan meningkat.

Dan cara untuk membuat slug agar dapat membantu SEO lebih maksimal adalah dengan cara memasukkan keyword (kata kunci) di dalamnya.

2. Menciptakan Link yang User Friendly

Sebagai gambaran ketika anda menyimpan banyak sekali file didalam komputer tentunya membutuhkan waktu yang lama jika nama file tersebut tidak diubah. Lain hal jika setiap file tersebut anda beri nama sesuai dengan isi filenya tentu akan mempermudah dalam menemukan file yang diinginkan.

Begitu pula dengan slug ini. Dimana akan membantu pengunjung untuk setidaknya mengetahui clue isi dari konten yang ada didalam website maupun blog anda tersebut.

Dengan kedua fungsi diatas tentunya sudah cukup menjawab tentang alasan mengapa slug ini memang memiliki peran penting didalam.website atau blog.

Tips Membuat Slug

Namun tentunya slug ini tidak boleh dibuat secara sembarangan. Artinya terdapat beberapa trik dan tips dalam membuat slug agar nantinya keberadaannya dalam sebuah blog atau website dapat maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat slug.

A. Singkat, Padat Dan Jelas

Tips pertama dalam membuat slug adalah pilihlah kata dan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Misalnya judul konten Anda yaitu 7 Cara Mengatasi Jerawat Yang Tepat. Maka agar slug lebih SEO friendly, Anda bisa mengubahnya menjadi mengatasi jerawat saja.

B. Mengandung Kata Kunci (Keyword)

Hal penting selanjutnya yang perlu diingat adalah memastikan bahwa slug yang anda buat sudah mengandung kata kunci (keyword).

Misalnya konten website atau blog anda membahas tema mengatasi jerawat secara alami. Kemudian keywordnya adalah mengatasi jerawat secara alami.

Maka sudah pasti nantinya akan membantu agar konten anda berada di pencarian teratas karena slug anda berisi kata kunci.

C. Jangan Menggunakan Angka

Meskipun judul atau kata kunci yang anda buat menyertakan angka. Misalnya ” 7 Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cara Alami ” namun bukan berarti angka juga anda masukkan pada slug.

Buatlah slug yang singkat, tanpa angka atau kata sambung. Misalnya menjadi ” Mengatasi Jerawat ” saja.

D. Hindari Kata Penghubung

Selain menghindari angka, untuk membuat slug yang berkualitas dan SEO friendly usahakan anda juga menghindari kata penghubung. Misalnya saja dan, ke, pada, yang dan lain sebagainya.

Dengan beberapa tips diatas maka akan membantu anda dalam menentukan jenis slug seperti apakah yang SEO friendly sehingga nantinya mampu membantu memaksimalkan SEO agar traffic website dan blog Anda meningkat.

Tips Mengatur Slug

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa tujuan adanya Slug adalah untuk membantu pengunjung blog atau website agar bisa langsung mengunjungi sebuah konten tertentu serta dapat membantu mesin pencarian agar lebih mengenali isi dari setiap halaman yang ada di dalam website atau blog anda tersebut. Hal ini menandakan bahwa SEO memang cukup dipengaruhi oleh adanya slug ini.

Lalu seperti apakah tips dalam mengatur slug agar lebih SEO friendly? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Bagian Permalink

Tips mengatur slug yang pertama adalah melakukan pengaturan permalink. Caranya yaitu klik ” Setting (Pengaturan) – Permalinks ” lalu pilih ” Post Name “.

2. Bagian Post

Tips kedua untuk mengatur slug yaitu melalui post. Post adalah tempat dimana anda akan mempublish konten.

Kamu cukup menulis judul kontennya lebih dulu namun simpan ke dalam draft. Lalu pilih “SettingPermalinks” nanti anda bisa memodifikasi atau mengubah slug tersebut.

3. Bagian Page

Jika anda belum tahu apa itu page, page adalah halaman yang terdapat pada sebuah website atau blog dimana umumnya berisi tentang info atau bio atau tentang kami serta kontak.

4. Bagian Kategori Dan Tag

Kategori dan tags juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur slug, caranya yaitu:

A. Bagian Kategori

Sebagai contoh website tipscantik.com terdapat halaman yang berisi menu atau kategori Masker. Maka artinya Masker tersebut berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan masker kecantikan wajah, entah bahan yang digunakan maupun cara pemakaiannya.

Cara mengaturnya yaitu pilih menu “Post – Categories – Edit“. Setelah itu ubah slug sesuai keinginan kemudian jika sudah klik ” Update“. Selesai.

B. Bagian Tag

Kemudian untuk mengatur slug pada tag maka caranya adalah pilih menu ” Post – Tags ” kemudian ubah slug yang diinginkan. Selesai.

5. Bagian Author

Kadangkala sebuah blog atau website bisa dijalankan oleh beberapa admin atau author sekaligus. Namun tak perlu khawatir karena ternyata slug juga bisa diatur melalui menu ” Author “, caranya yaitu instal ” Edit Author Slug ” kemudian masuk ke bagian page ” User – All User – Edit ” lalu pilih username yang diinginkan lanjut klik ” Update Profile “. Selesai

Berdasarkan semua penjelasan diatas, maka kesimpulannya adalah setiap website tentu memiliki misi yang sama yaitu muncul dalam pencarian teratas. Namun untuk meraih hal tersebut, perlu dilakukan beberapa trik seperti penerapan SEO serta slug.

Bagi anda yang masih bingung mengenai slug dan informasi seputar tips hosting, maka anda bisa langsung mengunjungi website resmi Indocenter dan dapatkan jasa hosting murah yang tepat. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Dan selamat mencoba.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel