Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Contoh Website Perusahaan dengan Desain Profesional dan Modern

Contoh Website Perusahaan dengan Desain Profesional dan Modern

4 min read

Share this article

Mengoptimalkan website untuk media marketing dan branding memang semakin menantang dengan kehadiran berbagai platform online seperti Instagram dan TikTok. Bahkan menurut Global Web Index, sekitar 62% pelanggan mengakses website hanya karena membutuhkan informasi tertentu, misalnya produk atau reputasi mereknya (sumber: Jurnaal.id).

Namun, bukan berarti kamu tak bisa menggunakan website untuk kepentingan perusahaan. Masih ada berbagai contoh website perusahaan yang mampu menghasilkan trafik tinggi hingga menciptakan konversi penjualan yang menjanjikan. 

Sebelum kita bahas contoh website yang bagus, mari pelajari kriteria dan laman penting apa saja yang harus disediakan dalam website.

Seperti Apa Kriteria Company Website yang Baik?

Ketika mengelola company profile dengan baik, kamu akan menerima aneka manfaat yang bisa melampaui contoh website perusahaan. Antara lain mendatangkan calon pelanggan hingga klien yang organik, memaksimalkan branding awareness, dan membangun citra profesional. 

Meski begitu, kamu harus melakukan persiapan seperti menyediakan bujet untuk membeli hosting murah beserta domainnya. Selain itu, hal-hal lain seperti membuat dan mengoptimasi konten akan berpengaruh pada kualitas website yang dilihat user

Adapun kriteria yang membuat company website dikatakan baik, antara lain:

A. Konten Informatif

Seperti yang disinggung, mencari informasi adalah salah satu tujuan seseorang membuka website. Supaya mereka betah menjelajah dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, pastikan konten yang kamu unggah informatif. Entah itu dalam bentuk artikel, infografis, atau video;

B. Waktu Loading yang Cepat

Jika melihat beberapa contoh website perusahaan, waktu loading atau memuat halamannya tergolong cepat. Bahkan saat koneksi internet lambat, kamu akan tetap melihat konten yang ditampilkan. Untuk memungkinkan loading-nya cepat dan stabil, gunakan file coding atau layanan hosting yang cepat;

C. Desain Website Responsif

Apa artinya desain cantik tetapi menyulitkan pengunjung untuk mencari informasi? Maka selain memastikan kecepatan loading, desain yang diaplikasikan di website pun harus responsif. Artinya, setiap fitur dan elemen yang terdapat dalam website harus bisa digunakan serta membantu pengunjung menemukan hal yang mereka perlukan;

D. Sudah SEO Friendly

Sebagian besar contoh website perusahaan masih memakai Search Engine Optimization (SEO) untuk mengoptimalkan visibilitas situs di mesin pencari. Trafik organik, brand populer, dan peningkatan omzet adalah beberapa keuntungan yang didapat dari penerapan SEO.

Apa Saja Laman yang Wajib Disediakan Dalam Company Website?

Setelah membahas kriteria company website yang bagus, sekarang kita teruskan mengupas laman apa saja yang wajib disediakan dalam situs tersebut, antara lain:

1. Tentang Kami

Jangan sepelekan Tentang Kami atau About Us dalam website. Di sini kamu diberi kesempatan memperkenalkan riwayat perusahaan sampai prestasi yang sudah dicapai untuk memikat perhatian pengunjung.

Jangan sungkan untuk menampilkannya meski perusahaan kamu masih baru, sebab hal tersebut akan menunjukkan kepercayaan diri dan profesionalisme. Tambahkan juga foto hingga akun media sosial, seperti yang dilakukan sejumlah contoh website perusahaan.

2. Kontak 

Menyiapkan laman Kontak bukanlah hal sulit, tetapi sayangnya masih banyak perusahaan yang mengabaikannya. Beberapa di antara mereka memang mencantumkan nomor telepon dan alamat email, hanya saja saat ada yang diganti, data-data tersebut tak langsung diganti. Akan lebih baik lagi kalau kamu menambahkan informasi seperti alamat kantor dan embed tautan ke Google Maps serta aplikasi seperti WhatsApp.

3. Produk dan Layanan

Produk dan Layanan adalah laman yang sering dijumpai dalam contoh website perusahaan. Sesuai namanya, di laman ini kamu dapat menguraikan produk yang dijual atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Informasinya tak perlu terlalu panjang, tetapi pastikan mendetail. Untuk itu, sebutkan saja nama, kegunaan, manfaat, dan kelebihan. Sehingga pengunjung bisa mengetahui apakah produk dan layanan tersebut adalah mereka yang diperlukan.

4. Kebijakan Privasi dan ToS

Tak dipungkiri Kebijakan Privasi dan Term of Service (ToS) kerap dilewati karena terlalu panjang. Namun, kamu tetap perlu mencantumkan, sebab informasi yang tertera berhubungan dengan data-data penting dari pelanggan. Selain itu, ToS merupakan laman penting yang melindungi kamu dari tuntutan hukum yang diterapkan di dunia maya, terutama dalam pemakaian data pribadi, peraturan pengguna, hingga keamanan pengunjung.

5. Testimoni Pelanggan

Satu lagi laman yang dapat kamu pelajari dari contoh website perusahaan adalah Testimoni Pelanggan. Di sinilah perusahaan dapat menayangkan review atau opini para pelanggan, baik yang positif maupun negatif sebagai validasi dari produk atau layanan. Menayangkan plus-minus pun secara tak langsung membantu perusahaan membangun kesan objektif. Pelanggan juga bisa menilai apakah perusahaan profesional atau tidak.

Seperti Apa Contoh Company Website yang Bagus?

Kini sudah saatnya kamu menyimak seperti apa contoh website perusahaan yang bagus, terutama yang mengusung desain modern sekaligus profesional:

A. Telkom.co.id

Sebagai salah satu perusahaan BUMN, Telkom tentunya diharapkan memberikan contoh yang maksimal, termasuk untuk company website. Kamu yang mengunjungi website-nya akan melihat halaman depan dengan slider hero responsif, termasuk saat dibuka memakai ulti-device.

Kemudahan dalam mengakses website Telkom pun memungkinkan pengunjung mencari informasi seperti profil perusahan, berita, hingga peluang karir.

B. Gojek.com

Perpaduan warna hijau tua dan putih yang khas dari Gojek ditampilkan di seluruh platform, tak terkecuali website. Bahkan saat rebranding dengan logo baru, mereka melakukan pembaruan pada desain yang membuat tampilannya lebih modern sekaligus kekinian.

Alasan-alasan lain yang membuat Gojek layak direkomendasikan dalam contoh website perusahaan adalah laman yang responsif, loading yang cepat, serta SEO friendly.

C. Netmedia.co.id

Company website NET TV ini adalah contoh situs berikutnya yang mengusung desain profesional serta modern. Kamu yang mengaksesnya dari perangkat desktop akan mendapati menu yang agak tersembunyi dan dapat diakses lewat tombol yang berada di pojok kiri atas.

Sementara untuk mencari konten, kamu dapat gulir ke bawah untuk memunculkan menu seperti daftar acara, foto, hingga story yang dibagikan.

D. Microsoft.com 

Salah satu alasan yang membuat Microsoft cepat dikenal banyak orang adalah desainnya yang modern sekaligus simpel. Meski sudah rebranding dan ganti logo berulang kali, Microsoft mampu mempertahankan ciri khas dari pemilihan warna yang tak banyak, tetapi kuat.

Sebagai contoh website perusahaan, Microsoft pun menempatkan logo di samping kiri header, sedangkan menu lengkapnya ditempatkan di satu tempat dan dapat diklik untuk menampilkannya.

E. BNI.co.id

Kamu  yang ingin mengembangan website bisnis dapat mencontoh Bank Indonesia Negara (BNI). Salah satu bank BUMN ini menggunakan warna putih yang mendominasi tampilan website dengan warna abu-abu dan orange sebagai aksennya.

Seperti kebanyakan website perusahaan, BNI memasang header untuk menampilkan logo beserta menu yang mencakup beranda, bisnis, dan kontak. Di bawah, terdapat slider untuk banner informasi.

Itulah contoh website perusahaan beserta kriteria ideal dan laman yang harus kamu cantumkan. Semoga membantu dalam membangun website profesional dan bermanfaat bagi para pengunjung!

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel