Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Manfaat Website dalam Bisnis Online

Manfaat Website dalam Bisnis Online yang Jarang Disadari Para Pebisnis

4 min read

Share this article

Manfaat website dalam bisnis online cukup beragam, salah satunya yaitu untuk menampilkan profil perusahaan.

Bagi kamu yang mungkin tidak bisa membuat website sendiri, bisa menggunakan layanan hosting website bisnis terpercaya guna membuat perusahaan kamu semakin mudah dikenal masyarakat.

Manfaat Website dalam Bisnis Online

Website saat ini memang sangat perlu dan penting karena bisa menampilkan profil perusahaan secara lengkap sekaligus memberikan informasi terbaru secara lebih cepat.

Lantas, apa manfaat website dalam bisnis online ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Hemat Biaya

Manfaat pertama yang paling bisa kamu rasakan apabila menggunakan website untuk kemajuan bisnis online kamu adalah hemat biaya.

Mengapa demikian? Sebab, mempromosikan bisnis akan lebih efektif jika kamu lakukan menggunakan website. Berbeda halnya jika kamu menggunakan iklan melalui surat kabar atau televisi, tentu biaya yang harus kamu keluarkan pun tidaklah sedikit.

Meskipun memang membangun sebuah website membutuhkan biaya yang cukup bervariasi, namun hal ini jelas akan jauh lebih hemat apabila kamu mengkonversikannya per tahun.

2. Akses Mudah

Sebuah website tentunya bisa diakses dengan mudah, baik untuk kamu sendiri maupun konsumen potensial. Bahkan, website ini bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja.

Jadi, para konsumen ini akan merasa nyaman ketika melihat produk maupun jasa yang kamu tawarkan ketika toko atau kantor offline kamu sudah tutup.

Dengan gaya hidup yang sangat sibuk seperti saat ini, tentunya selling point menjadi salah satu keputusan pembelian masyarakat. Maka dari itu, kamu perlu tonjolkan manfaat atau selling point di website dengan menarik agar calon pembeli tertarik.

3. Hemat Waktu

Manfaat website dalam bisnis online selanjutnya yaitu lebih menghemat waktu. Sebab, memberikan informasi kepada pelanggan tentunya membutuhkan waktu.

Nah, dengan adanya katalog online ini, maka kamu pun bisa memberikan banyak informasi mengenai produk maupun jasa yang kamu tawarkan sepanjang waktu tanpa menghabiskan waktu kamu.

Setelah website kamu jadi, maka website tersebut pun bisa konsumen akses tanpa ada batasan. Jadi, akan sangat menghemat waktu kamu maupun pengunjung website.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Perlu kamu ketahui bahwa konsumen saat ini semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk maupun layanan yang mereka butuhkan.

Dengan menggunakan website, maka bisnis kamu pun akan mendapatkan kredibilitas di mata para audiens. Tanpa adanya website, maka pelanggan potensial akan pergi ke kompetitor yang sudah memiliki website menarik.

Jika memang kamu sudah memiliki situs website namun masih sederhana, maka sebaiknya kamu desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional.

Dengan begitu, maka para konsumen kamu pun akan memberikan kepercayaan yang lebih besar pada bisnis kamu tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Website Toko Online Bagi Pemula

5. Selalu Terhubung dengan Konsumen

Manfaat website dalam bisnis online lainnya adalah kamu akan selalu terhubung dengan konsumen. Dengan adanya website ini, maka kamu pun akan lebih mudah dan cepat dalam memperbarui informasi mengenai produk dan layanan yang kamu tawarkan.

Hal ini jelas berbeda jika kamu menawarkan produk maupun jasa melalui media cetak. Selain tidak mudah kadaluarsa, situs web bisa memberikan informasi yang up to date.

6. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Baik sebagai penjual produk maupun jasa, website tentunya bisa selalu menjadi tempat alternatif yang menarik sebagai media promosi.

Sementara untuk para penjual produk ecer, maka web e-commerce merupakan salah satu tempat yang bagus untuk media promosi produk ke pasar yang lebih luas.

Hal ini karena produk kamu bisa diakses dan dilihat secara global. Bahkan, kamu bisa menjual segala macam barang maupun jasa secara online dengan mudah.

Selain itu, kamu bisa melakukan penjaringan konsumen secara luas dengan menggunakan alat optimasi website, seperti halnya penerapan SEO dan SEM. Dengan menggunakan cara ini, maka barang maupun jasa yang kamu tawarkan tersebut bisa muncul pada peringkat teratas daftar pencarian Google.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjangkau pelanggan baru dari berbagai tempat dan selera yang berbeda-beda.

7. Sarana Portofolio

Manfaat website dalam bisnis online selanjutnya yaitu bisa menjadi tempat yang bagus untuk memperlihatkan produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Dengan memasukkan portofolio mengenai produk maupun jasa yang kamu miliki serta testimoni kamu, maka website ini bisa menunjukkan apa yang membuat bisnis kamu berbeda dari bisnis lainnya.

Jadi, ketika kamu berbisnis melalui internet, tentunya kamu akan membutuhkan media dalam menyampaikan informasi terkait dengan brand atau produk yang kamu miliki tersebut.

Jadi, website ini merupakan salah satu strategi digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan seluruh informasi secara lebih jelas dan detail.

Kamu mungkin sudah terbiasa dalam membuat promosi melalui media sosial. Namun, media sosial ini hanya bisa memberikan informasi secara sekilas.

Untuk itu, kamu tentunya membutuhkan media lain yang lebih lengkap untuk menyampaikan informasi tersebut.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan sistem keamanan website dari bisnis kamu tersebut. Tujuannya adalah agar website aman dari serangan hacker.

8. Sebagai Benteng Pertahanan untuk Situasi Force Majeure

Manfaat website dalam bisnis online selanjutnya adalah bisa menjadi benteng pertahanan untuk situasi force majeure atau situasi yang tidak terduga.

Kondisi tidak terduga yang bisa saja menimpa pelaku bisnis antara lain adalah bencana alam, kerusakan pada bangunan, pandemi, dan lain sebagainya.

Mengambil pelajaran nyata dari kondisi pandemi Covid-19, semua bisnis offline terpaksa terhenti operasionalnya karena kebijakan dari pemerintah untuk melakukan lockdown.

Sebagaimana yang kamu lihat, hanya bisnis online saja lah yang mampu bertahan di tengah pandemi. Maka dari itu, sangat wajar apabila website bisa kamu jadikan sebagai benteng pertahanan dalam segala macam kondisi, terutama untuk kondisi tidak terduga.

9. Meningkatkan Pelayanan

Ketika kamu memiliki bisnis jual produk ramah lingkungan lalu ingin berbagi tips mengenai bagaimana cara mendaur ulang produk tersebut, maka kamu bisa menambahkan halaman tanya jawab pada website kamu tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menulis artikel mengenai daur ulang produk, sekaligus memberikan info untuk menjawab semua pertanyaan dari para konsumen kamu. Hal inilah yang kemudian membuat para konsumen selalu up to date perihal informasi dari kamu tersebut.

Jadi, bisa dikatakan bahwa hal ini akan meningkatkan pelayanan yang kamu berikan perihal produk dan manfaatnya untuk para konsumen kamu.

Baca juga: Contoh Website Perusahaan dengan Desain Profesional dan Modern

Tertarik Mengembangkan Bisnis Online dengan Website?

Itu dia beberapa manfaat website dalam bisnis online yang perlu kamu ketahui. Dengan adanya website ini, tentunya banyak memberikan kemudahan bagi kamu sebagai pelaku bisnis.

Selain itu, hal ini juga akan memudahkan calon konsumen dalam mencari dan menemukan barang maupun jasa yang mereka butuhkan pada bisnis yang kamu tawarkan tersebut.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mulai mengembangkan bisnis online kamu tersebut melalui website resmi?

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait