Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

cara membuat website toko online

Cara Mudah Membuat Website Toko Online Bagi Pemula

3 min read

Share this article

Ingin jualan kamu semakin laris? Kamu bisa menggunakan Website untuk mempromosikan bisnis kamu, karena website dapat menjangkau target market yang lebih luas dan dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai promosi, website juga bisa digunakan sebagai toko online, meletakkan company profile, membangun citra perusahaan, dan lain sebagainya. Bahkan kamu juga bisa membuat website toko online sendiri.

Manfaat Website Toko Online

Sebelum membuat website toko online, kamu juga perlu mengetahui manfaat website toko online berikut ini.

A. Dapatkan Target Market Lebih Luas

Salah satu kelebihan toko online yaitu mampu menjangkau target market lebih luas. Ini kelebihan yang tidak bisa dihadirkan oleh toko offline yang hanya mampu menjangkau target market dengan jarak tertentu.

Website toko online menggunakan kemampuan internet yang bisa menjangkau seluruh dunia. Terutama bagi kamu yang memiliki target market yang berasal dari negara lain.

B. Lebih Hemat

Bayangkan jika kamu harus menyewa billboard, memasang spanduk, memasang iklan di televisi atau radio untuk melakukan kampanye iklan. Memberi tahu khalayak mengenai produk dan jasa yang kamu tawarkan. Belum lagi jika harus menyewa ruko untuk berjualan, menyewa gudang untuk menyimpan stok barang.

Berbeda jika menggunakan website, kamu bisa mulai berjualan dengan menjangkau target market yang sangat luas tanpa harus menyewa ruko yang membutuhkan budget lebih banyak.

C. Meningkatkan Citra Perusahaan

Website toko online juga membantu memudahkan kamu dalam melakukan branding untuk meningkatkan citra perusahaan. Perusahaan yang memiliki website yang dikelola dengan baik terlihat lebih terpercaya dibandingkan dengan yang tidak.

D. Meningkatkan Omset Penjualan

Website toko online juga membantu meningkatkan omset penjualan, tentunya kamu juga bisa selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor yang belum memiliki website toko online.

Cara Membuat Website Toko Online

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat website toko online:

1. Menentukan Nama Toko Online

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan nama toko online. Kamu bisa menggabungkan nama toko online dengan nama domain. Asalkan nama domain tersebut belum digunakan oleh pemilik website lainnya.

Perlu diketahui bahwa nama toko adalah cara branding terbaik yang bisa kamu lakukan. Pastikan nama toko singkat, mudah diingat, tidak sama dengan nama toko lainnya, unik, dan menarik. Tujuannya adalah agar mudah diingat untuk meningkatkan brand awareness.

2. Menentukan Hosting

Hosting adalah layanan tempat penyimpanan data base toko online kamu, seperti gambar, video, audio dan sebagainya.

File-file tersebut akan disimpan dalam sebuah tempat yang dinamakan server hosting. Server hosting merupakan tempat penyimpanan data, dimana nantinya server akan menampilkan data-data tersebut pada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, dan Opera.

Agar website dapat diakses dengan baik selama 24 jam, maka server hosting harus dilengkapi dengan jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Bila tidak maka server akan down dan menyebabkan website kamu tidak dapat di akses.

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu memilih jasa Hosting yang tepat.

4. Menentukan CMS Toko Online

Cara membuat website toko online selanjutnya adalah dengan menentukan CMS toko online. CMS atau content management system adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan user untuk mengelola, merubah, dan melakukan publish konten pada website.

Banyak jenisnya CMS, tetapi WordPress menjadi CMS yang banyak digunakan. Karena selain gratis dan bersifat open space, juga mudah dipahami oleh pemula.

Banyak tutorial wordpress yang bisa dipelajari sendiri di internet dan didukung berbagai tema dan plugin. Dan yang paling penting adalah mudah dioptimasi agar website toko online lebih mudah ditemukan.

5. Memasukkan Produk Pada Etalase Online

Setelah siap digunakan, cara membuat website toko online selanjutnya adalah dengan menambahkan produk yang kamu jual. Berupa gambar lengkap dengan deskripsinya. Gunakan gambar dengan resolusi yang baik agar lebih jelas sebagai bahan pertimbangan bagi pembeli.

Jangan lupa compress gambar untuk mempercepat loading website. Karena loading yang lama membuat website marketing kamu ditinggalkan oleh audiens.

Agar website mudah ditemukan, kamu bisa mengoptimasinya dengan cara organik atau berbayar. Cara organik bisa menggunakan SEO. Sedangkan cara berbayar bisa menggunakan iklan Google Ads.

Carilah kata kunci yang relevan dengan niche website atau relevan dengan produk. Gunakan tools pencarian keyword untuk mendapatkan keyword yang tepat. Lalu tempatkan keyword pada permalink, judul, dan meta deskripsi.

Tertarik Membuat Website Toko Online?

Nah, itulah informasi mengenai bagaimana cara membuat website toko online dan manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Bagi kamu yang memerlukan hosting murah bisa langsung ke IndoCenter. Ada banyak pilihan hosting yang bisa disesuaikan kebutuhan website toko online kamu.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait