Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

manfaat website bagi perorangan

Pengertian dan Beragam Manfaat Website bagi Perorangan!

4 min read

Share this article

Internet sudah menjadi hal yang tidak asing bagi masyarakat di masa kini. Baik dari berbagai kalangan umur atau strata ekonomi, semua sudah mengunjungi yang namanya website.

Selain untuk perusahaan, ternyata banyak sekali manfaat website bagi perorangan yang bahkan bisa menjadi sumber pendapatan tersendiri.

Pengertian Website

Website atau yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti situs jejaring adalah sebuah halaman di internet yang bisa diakses dengan mengetik sebuah kata atau frasa yang memiliki sebutan domain. Dari tahun ke tahun, website mengalami perubahan yang sangat berarti dari segi tampilan dan kegunaan.

Dulu website hanya memiliki tampilan yang kaku dengan fungsi terbatas. Namun kini, bisa memiliki banyak animasi ataupun video di dalamnya untuk memberikan pengalaman berselancar yang nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: Cara Membuat Website Tanpa Coding, Penting untuk Pemula!

Ragam Manfaat Website bagi Perorangan

Meski website selalu identik dengan korporasi besar untuk memberikan profil perusahaan mereka, namun ternyata manfaat website dari sudut pandang personal juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berikut beberapa manfaat website bagi perorangan yang ternyata tidak sedikit.

1. Sarana Aktualisasi Diri

Sebagai seseorang yang ekspresif, kamu mungkin ingin menyebarkan banyak sekali hal yang berhubungan dengan diri sendiri tanpa terbatas dengan bentuk sosial media yang itu-itu saja.

Jika ini adalah masalah yang sedang kamu alami, maka website adalah sebuah solusi yang sangat cocok untuk kamu saat ini.

Berbeda dengan media sosial, ketika kamu menggunakan website, kamu bisa mengkostumisasi tampilan website pribadimu sesuai kebutuhan. Jika kamu senang menulis, maka kamu bisa mengubah tampilan website menjadi semacam blog.

Jika kamu senang memberi tahu musik yang kamu sedang dengarkan atau kamu memang gemari kepada orang-orang, maka kamu bisa menyisipkan widget berbentuk pemutar lagu. Tujuannya agar pengunjung situs bisa ikut mendengarkannya.

Kostumisasi atau penyesuaian yang tidak terbatas kemungkinannya ini membuat manfaat website bagi perorangan sangat bisa kamu rasakan.

2. Sebagai Sarana Branding atau Portofolio

Poin ini cukup terkait dengan kegunaan website sebelumnya untuk perorangan. Jika kamu ingin melamar pekerjaan atau memang sedang merintis usaha sebagai influencer, maka orang-orang perlu melihat kemampuan dan hal-hal yang memang sudah kamu lakukan supaya reputasi kamu lebih kredibel.

Jadi, manfaat website disini bisa kamu gunakan untuk menampung hasil pekerjaan kamu di posisi sebelumnya, atau sekadar pengalaman membuat sesuatu secara mandiri.

Meski kamu bisa menggunakan akun media sosial untuk menunjukkan portofolio, namun manfaat website bagi perorangan yang sedang mencari pekerjaan tentu akan membuat kagum para recruiter.

Selain ahli di bidang yang kamu lamar, orang-orang juga tahu kalau kamu ahli dalam mengatur website. Itu bisa jadi nilai plus tersendiri.

3. Melatih Kemampuan Menulis

Sebuah blog atau website pribadi bisa kamu gunakan untuk mengembangkan diri. Seringkali jika kamu menulis di media sosial, orang cenderung tidak peduli akan tulisan yang kamu buat. Dengan membuat website pribadi, hanya orang-orang yang memang ingin membaca tulisan kamu lah yang akan mengunjungi website kamu.

Manfaat website personal yang satu ini mungkin tidak akan kamu rasakan dalam waktu yang sangat cepat. Meski begitu perubahan akan terlihat secara perlahan jika kamu rajin menulis.

Tidak hanya menambah kemampuan, menggunakan website sebagai sarana menulis bisa membuat kamu lebih memperhatikan peningkatan kemampuan menulis kamu dari yang dulunya mungkin biasa saja sampai akhirnya menjadi ahli.

Orang-orang juga lebih leluasa untuk memberi masukan mengenai tulisan kamu di website pribadi lewat bagan komentar. Berbeda dengan media sosial pada umumnya, bagan komentar ini bersifat lebih pribadi daripada media sosial di mana semua orang tahu identitas kamu yang sebenarnya.

4. Membuat Koneksi Baru

Seperti yang tertera di poin sebelumnya, website pribadi juga membantu menghubungkan antar perorangan atau pemilik web lewat bagan komentar yang ada di tiap bagian bawah pos.

Selain bertukar opini, tidak jarang juga interaksi antar website ini bisa berlanjut ke bentuk yang lebih serius, seperti misalnya kerja sama bisnis atau membuat proyek bersama-sama. Tentunya, manfaat website bagi individu ini bisa pengguna internet rasakan secara massal.

5. Memberikan Pengalaman kepada Calon Pelanggan

Manfaat website bagi perorangan tidak hanya bisa dirasakan oleh pegiat hobi atau pencari pekerjaan, tetapi juga oleh para pengusaha UMKM. Meski tidak bisa dipungkiri jika media sosial seperti TikTok dan Instagram sudah menjadi andalan untuk memasarkan sebuah produk, namun website punya kelebihan dari banyak aspek.

Kamu bisa menawarkan jasa atau barang dengan berbagai fitur yang ada dari sebuah website. Misalnya, kamu dapat menyajikan animasi yang menarik atau CSS yang memberikan pengalaman yang smooth bagi pengguna website-nya.

Harapannya, calon pelanggan merasakan bahwa mereka itu spesial dan lebih tertarik untuk menggunakan jasa dari pemilik website. Ini bisa jadi sarana marketing yang tentunya bisa berlaku untuk jangka waktu yang lama.

6. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Meski begitu, fungsi website yang utama tentu saja memberikan informasi yang lengkap dan aktual mengenai bisnis kamu kepada calon pelanggan. Jika nantinya mereka tertarik untuk berbisnis dengan kamu, berarti manfaat website bagi perorangan bisa sangat kamu rasakan di saat itu juga.

Pertama, menggunakan website berarti kamu bisa mendapat jangkauan demografis yang lebih luas. Alasan utamanya adalah karena website adalah sarana yang cocok untuk menerapkan SEO (search engine optimization).

Dengan search engine optimization yang baik, kemungkinan website kamu bisa muncul di halaman pertama dan tentunya akan menjangkau akan lebih banyak calon pembeli baru.

Untuk mengoptimalkan SEO tersebut, kamu bisa beli hosting personal yang tidak hanya menyediakan domain yang cocok untuk website kamu, tetapi juga fitur-fitur lain untuk meningkatkan engagement.

Salah satu fitur utamanya adalah analytics yang lebih detail dan memberikan gambaran luas tentang performa website pribadi yang saat ini sedang kamu miliki. Nantinya, data tersebut bisa kamu gunakan untuk menentukan konten dengan kata kunci apa yang bekerja paling baik untuk website pribadi.

7. Sumber Pendapatan Pasif

Selain menjual produk menggunakan media promosi website, ternyata kamu bisa menggunakan website sebagai sumber pendapatan mandiri. Caranya tidak begitu sulit, karena perusahaan sebesar Google sendiri sudah menyediakan layanan monetisasi website yang bernama Adsense.

Sebelum di YouTube, Adsense sebenarnya terlebih dahulu muncul untuk website blog seperti WordPress dan Blogger. Di website personal ini, kamu bisa menambahkan kolom tertentu yang nantinya bisa dipasangkan iklan oleh pihak Google.

Jika ada yang mengklik iklan tersebut, maka kamu akan diberikan sejumlah uang yang nantinya bisa kamu dapatkan setiap bulannya. Tentu saja manfaat website bagi individu ini berguna sekali jika kamu ingin mencari sumber penghasilan sampingan dengan risiko minimal.

Ternyata Manfaat Website Bagi Perorangan Tidak Sedikit, ya?

Berdasarkan pemaparan di atas, harapannya kamu bisa tahu sisi baik maupun manfaat website bagi perorangan yang jarang diketahui oleh banyak pengguna internet. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik membangun website pribadi?

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait