Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

javascript adalah

Pengertian JavaScript, Fungsi, dan Contoh Implementasi pada Website

5 min read

Share this article

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan website, game, dan aplikasi. Dengan bahasa pemrograman ini, Anda bisa membuat tampilan website menarik.

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, dan contoh implementasinya pada sebuah website.

Apa Itu JavaScript?

JavaScript atau biasa disingkat menjadi Js, adalah bahasa pemrograman yang sudah populer di kalangan developer untuk membuat situs dengan konten website yang bersifat dinamis.

Konten dinamis artinya bisa bergerak dan berubah dalam layar tanpa harus melakukan reload pada halaman website.

Contohnya yaitu fitur gambar animasi, slideshow foto, pengisian poling, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, Js berkolaborasi dengan HTML dan CSS. HTML berguna untuk membuat struktur website, sedangkan CSS untuk merancang style halaman agar lebih menarik, kemudian Js menambah elemen interaktif.

Misalnya ketika Anda akan memberikan like maupun komentar pada Twitter, Anda bisa melihat jumlah like dan komentar secara real time tanpa mereload halaman. Hal ini tentu sangat memudahkan pengguna.

Awalnya JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang hanya bekerja pada sisi klien atau pengolahan kode berjalan pada browser. Lalu, Google membuat Js semakin populer dengan AJAX untuk fitur suggestion kolom pencarian, sehingga terdapat fitur baru yang menampilkan website tanpa proses reload.

Seiring berkembangnya zaman, Js bisa bekerja dari sisi server dengan memanfaatkan platform framework JavaScript seperti React.js, Node.js, dan lain-lain. Dengan adanya framework, pada developer mulai tertarik menggunakan Js untuk mengembangkan produk-produk canggih mulai dari aplikasi mobile hingga game online.

Fungsi Bahasa Pemrograman JavaScript

Bahasa pemrograman ini memiliki banyak fungsi mulai dari membuat tampilan website lebih menarik, mengembangkan game, menciptakan aplikasi mobile, hingga web server. Nah, berikut ini adalah penjelasan detail dari fungsi Js yang perlu Anda ketahui:

1. Membuat Website Lebih Menarik

Dalam proses pengembangan website, Js mampu menampilkan web menjadi lebih interaktif dan menarik dengan konten dinamisnya. Contohnya yaitu Google Maps, berupa konten yang memperbarui data secara real time tanpa perlu proses reload halaman.
Jika fitur penunjuk pada Google Maps Anda aktifkan, maka akan terus memperbarui posisi Anda secara otomatis dan real time. Hal seperti ini tidak akan bisa Anda lakukan tanpa adanya peran JavaScript. Dengan bahasa ini, tentu pengguna jadi lebih nyaman menjelajahi website selama berjam-jam karena tampilan yang tidak menyulitkan.

2. Menciptakan Aplikasi Mobile

Fungsi kedua dari JavaScript adalah membuat aplikasi berbasis mobile seperti pada Android maupun iOS.
Sebelumnya, untuk mengembangkan aplikasi mobile hanya bisa menggunakan bahasa Java. Namun sekarang sudah tersedia API pada Js untuk membuat aplikasi mobile.
Selain itu, adanya framework Js khusus untuk aplikasi mobile seperti React Native, yang juga memudahkan Anda untuk mengembangkan sistem operasi Android dan iOS secara bersamaan.

3. Mengembangkan Game Berbasis Web Browser

Tidak hanya membuat halaman web, Js juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan game online berbasis browser dengan kombinasi dengan HTML5. Beberapa contoh game yang populer dan dikembangkan dengan Js adalah Lord of Ultima dan Flappy Bird.
Namun pengembangan game tetap membutuhkan framework Js khusus game antara lain Panda.js, Playground.js, dan Quintus.

4. Menjalankan Web Server

Fungsi selanjutnya dari JavaScript adalah mampu bekerja pada sisi server dengan memanfaatkan framework Node.js. Sehingga Js akan menjalankan situs aplikasi maupun game online hasil dari eksekusi Node.js.
Node.js mampu menangani banyak proses dalam waktu bersamaan, sehingga Anda tidak perlu menunggu proses selesai satu per satu terlebih dahulu. Dengan begitu, seluruh proses akan berjalan lebih cepat.

Contoh Implementasi JavaScript pada Website

Untuk lebih mudah memahami Js, akan lebih baik jika Anda mempelajari contoh implementasinya, berikut ini contoh implementasi bahasa pemrograman Js:

1. Menulis JavaScript pada Tag <script>

Sebelum memulai, pastikan untuk menyiapkan teks editor seperti VScode dan sejenisnya. Ketik kode program sebagai berikut untuk menampilkan tulisan Hello World pada website. Kemudian buatlah file baru yang berekstensi .html pada teks editor.

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>Hello World</title>

</head>

<body>

<script>

console.log(“Saya belajar JavaScript”);

document.write(“Hallo”);

</script>

</body>

</html>

Untuk membuka hasil dari kode di atas, Anda cukup double klik nama file maka akan tampil secara otomatis pada browser. Tampilan kode JavaScript adalah kalimat “Hello World”. Kemudian untuk kalimat “Saya belajar JavaScript” tidak muncul karena console.log() hanya menampilkan pesan dalam console Js saja.

Sedangkan untuk document.write() fungsinya yaitu untuk menulis ke dokumen HTML.

2. Menulis JavaScript pada File Eksternal

Anda bisa menulis kode Js melalui file yang terpisah dengan HTML. Hal ini bertujuan agar kode Js tidak bercampur dengan kode HTML. Lalu bagaimana caranya?

Buatlah file berekstensi .js untuk mengisi kode JavaScript. Contohnya Anda membuat file eksternal yang bernama kode.js dan file_eksternal.html sebagai kode HTML-nya. Kemudian isikan file kode.js dengan syntax berikut ini:

document.write(“Kode JavaScript dari File Eksternal”);

Lalu isilah file bernama file_eksternal.html dengan kode berikut :

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<meta charset="utf-8">

<title>Penulisan JavaScript</title>

</head>

<body>

   <script src="kode.js"></script>

</body>

</html>

Kode tersebut akan menghasilkan kalimat “Kode JavaScript dari File Eksternal” pada website. Pada file eksternal HTML tetap menggunakan tag <script> tetapi tidak berisi kode Js, melainkan menggunakan atribut src untuk kode Js dari file kode.js.

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan yaitu setiap bagian tag <script> harus tetap Anda tutup dengan </script> walaupun tidak berisi kode Js. Jika kode Js berada pada folder yang berbeda dengan dokumen HTML, maka tulislah sesuai alamat path foldernya, sehingga kodenya sebagai berikut:

<script src="js/kode-script.js"></script>

3. Menulis JavaScript pada Atribut

Pada atribut, kode JavaScript adalah sebagai berikut:

<button onclick="alert('Ok Terima kasih!')">Klik donk!</button>

Kode tersebut membuat elemen <button> yang memiliki atribut onclick berisi kode Js, sehingga saat eksekusi, maka website akan menampilkan event klik pada elemen <button>.

4. Menulis JavaScript pada URL

Cara ini hampir tidak ada yang menggunakannya dalam pembuatan aplikasi. Namun tak ada salahnya jika Anda mencobanya untuk mengetahui bagaimana hasil akhirnya. Caranya yaitu pada URL Anda gunakan JavaScript lalu ikuti dengan kode Js yang ingin Anda eksekusi. 

JavaScript:alert("Nah! ini JavaScript")

Saat Anda eksekusi, maka akan menampilkan kalimat “Nah! Ini JavaScript”. Cara ini cukup mudah hanya dengan satu baris kode saja Anda bisa menampilkan kalimat dalam website.

Yuk Belajar JavaScript untuk Membuat Website!

Anda sekarang sudah paham mengenai pengertian, fungsi, serta contoh implementasi Js. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang mudah untuk Anda pelajari jika giat berlatih mulai dari membuat website sederhana. Jangan lupa pilih layanan hosting yang terpercaya untuk meningkatkan performa website Anda. 

Salah satu layanan hosting terpercaya disediakan oleh Pasang Jaringan. Pasang Jaringan adalah platform penyedia jasa pemasangan jaringan komputer, integrasi jaringan, software house, dan IT consultant yang berfokus di network dan security. Pasang Jaringan menawarkan layanan jasa jaringan yang dapat meningkatkan dan mengoptimalkan performa jaringan di perusahaan maupun bisnis Anda. 

Jika Anda tertarik menggunakan jasa yang disediakan oleh Pasang Jaringan, Anda dapat menghubungi kontak Pasang Jaringan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel