Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

website dinamis adalah

Pengertian Website Dinamis dan Perbedaan dengan Website Statis

4 min read

Share this article

Website dinamis adalah sebuah website yang belakangan ini makin berkembang dan populer terutama di kalangan para developer web dan penggunanya. Dengan kemudahan pengembangan web oleh pengguna membuat penggunaan website ini lebih tinggi dan mulai menyingkirkan peran website statis dalam pasar global.

Apa itu Website Dinamis?

Pada dasarnya, website dinamis adalah sebuah situs web yang memungkinkan penggunaannya lebih bervariasi dengan tampilan yang lebih interaktif. Jenis web ini dapat menampilkan, menghapus, dan memodifikasi berbagai jenis konten pada tampilan interface user.

Penggunaannya yang serba canggih dan memudahkan user pastinya bisa terjadi karena jasa developer yang harus bekerja ekstra untuk mengelola dan membuat web dinamis ini. Karena pada proses pembuatannya, web dinamis memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dari web statis.

Walaupun memiliki kerumitan pada proses building, namun pada proses maintenance dan pengembangan web dinamis lebih mudah dari web statis. Hal ini yang membuat penggunaannya terus naik dari waktu ke waktu.

Tampilan yang lebih interaktif membuat website dinamis lebih banyak user gunakan. Bahkan sudah banyak platform gratis yang memudahkan proses pembuatan jenis web ini, sehingga yang orang awam dengan teknik coding juga bisa membuatnya dengan lebih mudah.

Sementara halaman statis memerlukan pembaruan manual sebelum isinya berubah, situs web dinamis menawarkan konten unik kepada pengunjung setiap kali mereka melihat situs tersebut. Ini dilakukan melalui kombinasi skrip sisi klien dan sisi server.

Beberapa Keunggulan dalam Website Dinamis

Secara teori, website dinamis adalah sebuah web yang menawarkan konten unik pada usernya. Hal ini terjadi karena web tersebut tersusun dari dua kombinasi script. Adapun skrip tersebut adalah Client Side Scripting (skrip yang berhubungan dengan user) dan juga Server Side Scripting (skrip yang berhubungan dengan server).

Dengan kombinasi itu, situs web modern lebih bisa beradaptasi dengan tampilan halaman masing-masing pengguna, sekaligus mengurangi waktu buka server. Selain itu, tingkat keamanan juga lebih tinggi, bahkan Anda bisa melakukan pengujian penetrasi jaringan pada web dinamis.

Alasan Kenapa Website Dinamis Lebih Populer

Website dinamis adalah salah satu solusi bagi dunia developer web. Berikut beberapa alasan yang mendasarinya:

1. Tampilan Fleksibel

Alasan pertama banyak yang menggunakan jenis website ini adalah tampilan yang dapat menyesuaikan dengan layar pengguna. Jadi, jika Anda membuka halaman ini pada laptop maupun ponsel, tampilan akan mengikuti ukuran dari layar Anda.

2. Multi Bahasa

Dengan mengimplementasikan web dinamis, pengguna dapat mengubah bahasa sesuai wilayah pengunjung situs tersebut. Sehingga website ini dapat merangkul jutaan pengunjung baru di belahan negara lain.

3. Algoritma Rekomendasi Modern

Dengan memanfaatkan cookie yang terintegrasi, situs dapat memberikan rekomendasi berdasarkan apa yang Anda lihat. Dengan algoritma ini, pengunjung bisa melihat konten-konten yang menjadi favorit Anda, sehingga aplikasi akan terlihat memberikan layanan eksklusif untuk tiap penggunaannya.

4. Website Dinamis adalah Situs dengan Visual dan Animasi Menarik

Dengan menggunakan plugin dari berbagai elemen, Anda bisa membuat website dengan tampilan yang lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan tampilan visual dan animasi yang unik serta dinamis.

5. Dapat Terintegrasi dengan Media Sosial

Keunggulan lain yang membuat banyak pengguna jatuh hati dengan jenis web ini adalah dapat terintegrasi dengan media sosial. Dengan fitur ini, pengguna web akan terlihat aktif dalam web, walaupun aktivitasnya lebih banyak menggunakan sosial media.

6. Dapat Melakukan Tambah, Edit, bahkan Hapus Data

Tampilan yang interaktif, membuat user dapat melakukan penambahan, edit, dan hapus data. Hal ini terjadi karena perintah bisa langsung terhubung ke server yang akan melakukan sinkronisasi data yang Anda modifikasi.

7. Loading Lebih Cepat

Tidak seperti web statis, website dinamis adalah situs yang memiliki waktu muat atau loading dengan lebih cepat. Sistem pembuatan layout yang terpisah-pisah, membuat waktu loading data lebih cepat karena pemrosesan data yang lebih sedikit.

8. Komunikasi Dua Arah

Dengan adanya sistem yang lebih modern, pengunjung bisa meninggalkan jejak untuk admin. Bahkan beberapa elemen bisa Anda manfaatkan untuk membuat sistem komunikasi dua arah.

Perbedaan Website Dinamis dan Statis

Seperti yang Anda ketahui, website dinamis adalah teknologi baru, yang mulai menggeser penggunaan website statis secara perlahan. Hal ini terjadi karena memang dua teknologi memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Adapun beberapa perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Dari Segi Interface

Hal pertama yang paling membedakan kedua teknologi ini adalah tampilan interface dari keduanya.

Dari sudut pandang penggunaan, web dinamis mengalahkan posisi website statis karena tampilannya dapat berubah mengikuti layar dari penggunanya. Sementara itu, web statis cenderung selalu mengikuti ukuran saat pembuatannya (pakem).

B. Interaksi dengan User

Secara interaksi, web statis termasuk pada interaksi satu arah saja, jadi pengguna hanya bisa melihat data yang tersaji saja. Sedangkan web dinamis memungkinkan penggunanya melakukan berbagai aktivitas jelajah seperti tambah data, modifikasi, dan juga hapus data.

C. Modifikasi Tampilan

Untuk mengubah tampilan website statis, Anda perlu mengubah syntax maupun script pada layout yang Anda ingin ubah. Karena merepotkan, akhirnya website dinamis muncul dengan kemudahan mengubah website melalui CMS.

D. Penggunaan Situs Web

Website dinamis adalah sebuah web yang memiliki daya interaksi lebih tinggi. Hal ini membuatnya cocok untuk berbagai jenis situs web. Contohnya seperti media sosial, marketplace, web online, dan masih banyak lagi. Sedangkan web statis biasanya lebih cocok untuk penggunaan sistem informasi perusahaan atau lembaga.saja.

E. Waktu Pengerjaan

Dari segi waktu sudah jelas website dinamis membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama. Selain membutuhkan banyak layout, tingkat kerumitan web dinamis juga lebih tinggi. Selain itu website statis biasanya hanya memerlukan satu layout (one page) saja, sehingga butuh waktu yang lebih singkat.

F. Sisi Pengembangan Website

Untuk melakukan pengembangan website seperti input data, edit, hapus, maupun penambahan halaman baru, web dinamis cenderung lebih simpel. Pasalnya untuk web statis Anda butuh membongkar syntax dan membuat folder baru, sedangkan pada web dinamis Anda bisa membuat halaman admin seperti penggunaan CMS.

G. Update Data Website

Update data sistem yang ada pada web dinamis lebih fleksibel, sehingga perubahan informasi bisa Anda eksekusi dengan mudah. Karena untuk update dan entry data, website ini tidak harus merubah script seperti pada web statis.

H. Akses Server (Database)

Pada web statis, Anda tidak perlu membuat database, karena yang ingin Anda tampilkan ada pada skrip yang Anda buat. Sedangkan web dinamis cukup bergantung pada database baik lokal maupun server dalam perubahan data. Sehingga website akan lebih interaktif.

Setujukah Jika Website Dinamis adalah Teknologi Web Terbaik?

Dari sini Anda bisa tahu bahwa website dinamis adalah teknologi dengan banyak kelebihan. Kini, Anda tidak perlu ragu untuk membuat website dinamis Anda sendiri. Jika Anda sedang mencari jasa penyedia layanan hosting ataupun domain, Indocenter adalah salah satunya.

Indocenter hadir menjadi solusi untuk setiap masalah yang kamu hadapi di dunia digital. Lokasi server yang ada di Indonesia membuat website Anda dapat diakses lebih cepat dari network Indonesia. Beli hosting murah di Indocenter sekarang dan nikmati pengalaman mengelola website dinamis sekarang.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel