Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

domain sch

Domain .sch id untuk Website Sekolah, Begini Cara Mendapatnya!

4 min read

Share this article

Kemajuan teknologi saat ini sangatlah pesat, banyak orang beralih menggunakan website untuk mencari informasi. Website sekolah dianggap penting untuk eksistensi sekolah. Namun tahukan kamu domain apa yang digunakan oleh website sekolah? Domain .sch lebih banyak digunakan karena dianggap lebih layak.

Berbicara tentang domain sch tahukah kamu apa fungsi, keunggulan dan langkah membuatnya? Jika tidak pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai domain ini. Jadi pastikan kamu duduk santai untuk membaca penjelasan sampai akhir.

Apa Itu Domain .sch.id?

Secara umum domain memiliki pengertian sebagai nama atau identitas dari situs web. Alamat ini akan muncul pertama kali ketika seseorang mencari di mesin pencarian Google. Sama seperti pengertian umumnya, domain .sch juga sama. Hanya saja yang menggunakan nama domain ini adalah website sekolah.

Berasal dari namanya sch yang artinya adalah school (sekolah). Sedangkan untuk belakangnya biasanya akan ditambahkan dengan kode id. Maknanya sekolah atau institusi tersebut merupakan bagian dari Indonesia.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa domain .sch.id merupakan alamat yang dikhususkan untuk institusi atau sekolah di Indonesia. Jadi sudah bisa dipastikan setiap website yang memiliki alamat .sch.id merupakan sekolah resmi.

Fungsi dan Keunggulan Domain .sch.id

Setelah mengenal pengertian dari domain .sch.id, kamu juga harus mengetahui fungsi dan keunggulannya. Kamu juga perlu tahu kenapa lembaga pendidikan memutuskan untuk menggunakan domain ini sebagai identitas resminya.

Setiap sekolah di berbagai negara memiliki kode akademis masing-masing. Contohnya saja Indonesia yang menggunakan .sch.id untuk penanda setiap sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud.

Domain .sch.id memiliki fungsi sebagai penanda dari instansi akademik di Indonesia dan menjadi kode dari situs mereka. Selain itu, adanya kode ini akan memudahkan orang untuk mengetahui bahwa situs tersebut merupakan sekolah dan bukan perguruan tinggi atau universitas.

Adapun keunggulan dari domain ini ialah sudah memiliki izin resmi. Dengan begitu website yang kamu bangun tidak akan dipandang rendah karena sudah memiliki URL yang kredibel.

Di samping itu, .sch.id juga lebih mudah dikenal oleh Google. Sehingga ketika pembaca mengetikkan nama suatu situs yang memakai domain .sch maka akan langsung muncul di halaman pertama.

Menariknya lagi, kecepatan akses URL juga sangat cepat. Sehingga semua pengguna tidak akan merasa kecewa karena harus menunggu proses loading.

Baca juga: Cara Membeli Domain

Langkah Mudah Membuat Domain .sch id

Jika sudah sampai di penjelasan ini, itu artinya kamu sudah paham tentang domain sch. Mungkin saja kamu tertarik untuk mencoba membuat situs dengan akses domain yang satu ini. Supaya kamu tidak merasa kesulitan, maka berikut ini langkah-langkah membuat domain .sch.id.

1. Pembuatan Akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu di situs penyedia jasa pembuatan domain yang kamu inginkan.

Umumnya, saat pertama masuk kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data. Seperti informasi pribadi, keamanan akun, alamat penagihan, dan informasi lainnya. Setelah semua data berhasil kamu input, klik “register” atau perintah sejenisnya.

Kemudian kamu akan dialihkan ke halaman lain dari situs yang dibuka. Pada halaman yang terdapat kotak permintaan login, pastikan kamu memasukkan email dan kata sandi yang sesuai. Lalu klik login untuk melanjutkan proses.

2. Daftarkan Nama Domain Sekolah

Setelah berhasil mendaftarkan akun, kamu akan menemukan halaman baru berisikan beberapa produk domain yang bisa dibeli. Tugasmu adalah mendaftarkan nama domain situs sekolah pada kolom Pendaftaran Domain Baru.

Jika nama domain yang kamu pilih sudah digunakan oleh pihak sekolah lain, maka akan muncul tulisan gagal. Namun apabila nama tersebut belum ada yang memilikinya, maka akan muncul tulisan “berhasil” atau sejenisnya.

Setelah berhasil mendapatkan nama domainnya, klik perintah pembayaran untuk melanjutkan proses. Setiap situs biasanya menjual produknya dengan harga yang berbeda-beda. Jadi pastikan kamu menyediakan uang lebih untuk berjaga-jaga.

3. Masukkan Data dan Persyaratannya

Langkah berikutnya untuk membuat domain .sch.id adalah memasukkan data dan persyaratannya. Mulai dari isi nama sekolah, jenis registrasi sekolah, hingga nomor registrasi.

4. Lakukan Pemeriksaan Terhadap Data

Setelah semua data berhasil Anda input, silakan periksa kembali. Jangan sampai ada kesalahan data karena bisa mempengaruhi identitas website sekolah yang akan kamu buat.

Jika kamu merasa bahwa semua data lengkap dan benar, silakan lakukan tahap selanjutnya (sesuai dengan perintah yang tampil pada halaman pendaftaran tersebut).

5. Selesaikan Pembayaran

Tahap kelima, silakan selesaikan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera di layar. Pilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan Anda. Maksudnya apabila Anda ingin membayar melalui bank Mandiri, maka silakan pilih cara pembayaran yang sesuai. Begitupun jika memiliki pilihan lain.

Lakukan pembayaran dengan metode yang sudah Anda pilih. Biasanya proses verifikasi pembayaran melalui transfer akan segera diproses. Kalaupun antre maksimal tiga hari kerja setelah Anda mengirimkan bukti transfer.

6. Kirim data Sekolah ke Perusahaan Penyedia

Setelah melewati semua langkah, kamu tinggal mengirimkan data pelengkap sekolah. Tujuannya adalah menjadi salah satu syarat untuk mendaftarkan domain .sch.id.

Ada beberapa dokumen pendukung yang wajib kamu lampirkan, di antaranya ialah:

  • Scan Surat Kuasa Kepala Sekolah kepada Penanggung Jawab untuk mendaftarkan nama domain.
  • Scan KTP dari Penanggung Jawab (Anda).
  • Pindaian Surat Permohonan Kepala Sekolah.

Setelah mengirimkan semua dokumennya, maka tahap beli domain .sch.id sudah selesai. Tahap berikutnya, silakan kamu mulai membuat website resmi sekolah. Harap perhatikan beberapa komponen penting yang harus ada di dalam website.

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Membuat Website untuk Sekolah Kamu

Mengapa Harus Menggunakan Domain sch.id?

Meskipun sudah sering digunakan untuk website-website resmi sekolah, namun tetap saja muncul pertanyaan kenapa sih harus menggunakan domain sch. Jika itu yang kamu pikirkan saat ini, maka jawabannya adalah sebagai berikut.

Domain dengan nama belakang .sch.id sudah mendapatkan izin secara resmi sehingga memudahkan upaya branding. Sekalipun website yang kamu buat masih baru, tetap akan mudah dikenali orang.

Selain itu, adanya .sch di belakang alamat situs akan membuat website tampak lebih terpercaya dan kredibel. Menariknya lagi, semua murid dan guru yang telah memiliki email sekolah bisa menikmati segala bentuk layanan software yang disediakan.

Yuk Buat Website Sekolahmu!

Dari penjelasan di atas, domain .sch merupakan alamat khusus yang digunakan untuk sekolah di Indonesia. Adanya nama domain ini akan membantu sekolah mewujudkan visi dan misinya. Selain itu website milik sekolah bisa bermanfaat untuk seluruh siswa dan tenaga pengajar.

Jika kamu mencari layanan penyedia jasa hosting sekolah, kamu dapat menggunakan jasa dari Indocenter. Beli domain untuk sekolahmu di Indocenter sekarang dan dapatkan layanan hosting terbaik serta customer support yang selalu siaga apabila kamu menghadapi kendala dan membutuhkan bantuan.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait