Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

apa yang dimaksud dengan domain

Apa yang dimaksud dengan Domain?

4 min read

Share this article

Apa yang dimaksud dengan domain? Pertanyaan ini mungkin muncul saat kamu mengunjungi sebuah website. Tanpa domain, pengunjung tidak bisa mengunjungi website kamu. Atau bahkan tidak menemukan apa alamat website lain yang mereka cari. Inilah alasan mengapa keberadaan domain bagi sebuah website sangat penting.

Lalu apa itu domain? Apa fungsinya? Apa saja jenis-jenisnya? Berikut pembahasannya dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan domain?

Domain adalah alamat yang diperlukan agar bisa mengunjungi sebuah website. Dalam satu nama domain terdiri dari dua elemen, yaitu nama situs dan ekstensi. Contohnya adalah “contoh.com” dimana “contoh” adalah nama situs dan “.com” adalah ekstensinya.

Apa Fungsi Domain?

Fungsi utama domain adalah memudahkan visitors untuk berkunjung pada sebuah website yang mereka buka dari browser. Hanya dengan menulis alamatnya saja tanpa harus menghafal angka IP address website tersebut.

Perlu diketahui bahwa sistim komputing sebuah website disusun dari gabungan angka-angka. Komputer menggunakan angka tersebut untuk menuju pada website agar menyajikan data yang audiens inginkan pada browser. Tentu ini sangat menyulitkan karena setiap pengguna internet diharuskan menghafal rangkaian angka agar bisa masuk pada sebuah website.

Bayangkan jika dalam sehari mereka harus mengunjungi lebih dari satu situs, berapa rangkaian angka yang harus mereka hafal untuk bisa mengakses situs-situs tersebut. Maka diciptakanlah nama domain agar pengunjung lebih mudah menghafalnya.

Mencari nama domain memang bukan hal yang mudah, karena satu situs hanya boleh satu nama domain dan ekstensinya. Karena jika satu nama domain dan ekstensinya digunakan untuk lebih dari satu situs, maka akan membuat pengunjung bingung atas dua webisite tersebut.

Cara Mendapatkan Domain

Mengingatkan satu nama domain hanya bisa digunakan untuk satu website saja, untuk bisa menggunakan  sebuah nama domain yang kamu inginkan, perlu melihat ketersediaannya terlebih dahulu, apakah sudah digunakan oleh user lain atau belum. Jika ternyata sudah, kamu harus rela mencari nama domain lain yang belum digunakan.

Cara yang bisa dilakukan untuk melihat ketersediaan domain adalah dengan melihat di situs whois.com atau who.is. Setelah menemukan nama domain, tentukan juga ekstensi yang akan kamu gunakan. Apakah .com, .id, .net, atau yang lainnya, kemudian beli domain di provider domain dengan harga yang cukup bersaing.

Jenis-jenis Domain

Ada beberapa jenis domain yang sering digunakan. Antara lain :

1. TLD

Yaitu Top Level Domain atau yang paling sering digunakan, TLD juga termasuk domain yang populer dan mudah diingat. Seperti .com, .net, dan .org. Karena domain ini lebih sering digunakan untuk situs personal atau komersial.

2. ccTLD

Atau singkatan dari Country Code Top Level adalah sebuah domain dengan kode yang menandakan dari negara tertentu. Atau sengaja digunakan jika ingin menargetkan pengunjung dari negara tujuan tertentu.

Contoh yang paling banyak digunakan adalah .us untuk domain dari Amerika serikat dan .id untuk domain asal Indonesia.

3. gTLD

Generic top level domain awalnya merupakan nama domain untuk sebuah organisasi tertentu. Namun domain ini sekarang juga digunakan untuk situs secara umum.

Seperti .org untuk organisasi secara umum, .edu untuk organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, .gov untuk instansi pemerintahan, .net untuk layanan di bidang internet, dan lain sebagainya.

4. Premium TLD

Seperti namanya, premium TLD ini tergolong domain baru. Harganya juga lebih mahal, karena bisa dijadikan alternatif penggunaan domain .com yang mungkin telah digunakan oleh pengguna lainnya. Contohnya adalah .web, .host, .site, dan lainnya.

Meski premium dan mahal, nyatanya domain ini masih asing. Tidak banyak yang mengenali, tapi cukup solutif jika dijadikan domain pengganti.

5. SLD

Apa yang dimaksud dengan domain SLD? Yaitu nama domain yang kamu pilih dan daftarkan. Biasa disebut dengan nama website. Contohnya facebook.com. SLD adalah “Facebook” dan inilah yang dikenal sebagai nama website sekaligus nama perusahaan.

6. Third Level Domain

Dan yang terakhir adalah third level domain adalah domain yang terletak paling depan. Biasanya di depan domain SLD, seperti www.facebook.com, maka third level domainnya adalah www.

Variasi Nama Domain

Selain jenis domain, ada variasi nama domain yang bisa kamu pilih. Antara lain :

A. Second Level Domain

Ini adalah nama domain yang merujuk pada negara tertentu. Atau digunakan jika tujuannya adalah menggaet target market di negara tertentu. Seperti .co.id untuk Indonesia, .co.us untuk Amerika Serikat, .co.uk untuk domain yang dipakai di Inggris, dan lain sebagainya.

Second Level Domain merupakan domain alternatif. Jadi bisa digunakan sebagai solusi jika nama domain sudah ada yang menggunakan.

B. Subdomain

Ada kalanya kamu mungkin ingin menambah bagian tertentu pada website, sehingga memerlukan nama domain baru. Kamu tidak perlu membeli domain baru yang terpisah dengan nama domain website utama. Karena kamu bisa menggunakan subdomain dan mengarahkannya pada director tertentu di server.

C. Domain gratis

Dan ini adalah domain yang bisa kamu gunakan tanpa harus membayar. Karena kamu bisa mendapatkannya dari website builder seperti blogspot, squarespace, weebly, dan WordPress.

Jika dilihat secara sekilas, nama domain gratis ini seperti nama sub domain, karena bisa menggunakan nama domain utama yang kamu gunakan. Hanya saja tidak perlu membayar untuk mendapatkannya.

Tips Membuat Nama Domain

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan domain beserta jenisnya, kamu juga harus tahu bagaimana membuat nama domain agar audiens mudah mengenali dan mengidentifikasi website kamu.

Usahakan untuk memilih ekstensi domain yang mudah diingat, seperti com. Pilih nama domain yang pendek, satu atau dua kata saja dengan kata yang mudah dieja. Tujuannya agar mudah diingat. Kemudian hindari penggunaan angka agar tidak terkesan website Abal-abal.

Bagaimana? Sudah Paham Tentang Apa yang Dimaksud Dengan Domain?

Kamu bisa hubungi Indocenter untuk bertanya lebih lanjut mengenai domain atau berminat ingin membelinya. Kami dari Indocenter juga menyediakan sewa hosting murah untuk keperluan berbagai website bisnis atau website lainnya.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait