Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

contoh blog makanan

20 Contoh Blog Makanan Terbaik dan Tema WordPress Resep Makanan

4 min read

Share this article

Belakangan ini mulai banyak yang menggemari profesi food blogger karena kuliner selalu memiliki daya tarik tersendiri di masyarakat. Anda bisa melihat beberapa contoh blog makanan supaya bisa menambah inspirasi tampilan blog yang akan Anda buat jika memang tertarik dalam dunia food blogger ini.

Anda yang masih belum familiar dengan cara membuat blog tentang makanan bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Untuk membuat banyak orang penasaran dan ingin mengunjungi blog Anda, maka pilihan nama blog yang membangkitkan rasa penasaran serta menggiurkan.

Untuk bisa memiliki alamat yang unik, tentu Anda harus beli domain blog. Lantas, di mana bisa membeli domain tersebut? Tidak perlu bingung karena banyak jasa yang menawarkan layanan domain unik. Indocenter adalah salah satu jasa penyedia layanan hosting dan domain yang layak untuk Anda pertimbangkan.

Rekomendasi Blog dan Tema WordPress Terbaik

Agar Anda bisa membuat tampilan blog yang unik, kreatif, dan menarik, maka silakan simak beberapa contoh blog makanan di bawah ini:

1. Smittenkitchen.com

smittenkichen
Smittenkitchen.com

Ciri menarik dari blog smittenkitchen.com yaitu mencoba menyajikan resep-resep masakan dengan modal terjangkau. Resep yang tidak memerlukan modal besar ini tentu akan lebih membuat orang penasaran untuk mencobanya. Selain itu, blog ini juga mempunyai koleksi resep yang cukup banyak yaitu lebih dari 800.

2. Anakjajan.com


Anakjajan.com

Contoh blog makanan kedua yang bisa menginspirasi Anda yaitu anakjajan.com. Blog yang mulai berdiri sejak tahun 2011 ini tidak hanya menyajikan resep-resep, namun juga membuat review atau ulasan makanan yang pernah si pemilik blog coba.

Pemilik blog juga membuat video saat mereka mengunjungi tempat-tempat kuliner baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan demikian, pengunjung blog anakjajan.com tidak hanya mendapatkan informasi resep menarik namun juga rekomendasi tempat kuliner serta review kuliner.

3. Thefoodescape.com

thefoodescape
Thefoodescape.com

Memiliki hobi keliling dunia membuat dokter Daisy Caroline berkesempatan untuk mencicipi makanan dari berbagai negara. Dr. Daisy mendokumentasikan pengalamannya tersebut ke dalam sebuah blog makanan.

Bersama dengan temannya yang merupakan seorang fotografer F&B (food and beverage), keduanya mulai serius membuat blog makanan. Para pengunjung blog bisa mendapatkan referensi makanan dari berbagai dunia dan rekomendasi makanan dari area Jakarta atau negara lain.

Selain itu, blog ini juga memberikan referensi harga makanan sehingga pengunjung yang ingin mencoba makanan tersebut bisa menyiapkan budget sesuai dengan kemampuan.

4. Lulabyspoon.blogspot.com

lulabyspoon
Lulabyspoon.blogspot.com

Contoh blog makanan lain yang bisa Anda pertimbangkan yaitu Lulabyspoon.blogspot.com. Blog makanan yang satu ini tidak membagikan resep-resep makan, namun lebih pada ulasan makanan, jam operasional restoran, dan daftar harga makanan.

Restoran dan tempat-tempat kuliner yang banyak diulas yaitu masih daerah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini tentu bisa bermanfaat untuk Anda yang tinggal di kota lain, sehingga saat ke Jakarta bisa mencoba kuliner yang masuk rekomendasi tersebut.

5. Tinysalt.studio

tinysalt
Tutsplus.com

Anda juga bisa memilih blog makanan tinysalt.studio untuk tema WordPress karena memiliki tampilan yang elegan. Blog ini menyediakan lebih dari 300 tema yang bisa Anda pilih. Selain itu, ada 12 tema yang siap digunakan dengan desain minimalis namun elegan.

6. Lahanna

lahanna
Themeforest.net

Contoh blog makanan dengan desain tema modern dari Lahanna ini juga perlu Anda pertimbangkan. Warna-warna kalem pada tema tersebut akan memberikan kesan lebih manis dan elegan. Tampilan desain tidak tidak terlalu ramai sehingga lebih bersih dan nyaman di pandang.

7. Food Blog

foodblog
Themeforest.id

Anda yang masih pemula akan lebih cocok juga menggunakan tema dari Food Blog karena cukup mudah digunakan. Misalnya, saat sedang membuat konten tentang resep masakan, Anda bisa menggunakan tool yang bisa pengguna pakai untuk mencari informasi bumbu-bumbu resep.

Selain itu, tema ini juga menyediakan desain yang responsive, 7 layout, galeri foto, dan font Google.

8. Avocet

avocet
Themeforest.net

Anda yang ingin mengusung konsep Food, Travel and Lifestyle bisa menggunakan tema Avocet. Tampilan tema ini menggunakan 3 kolom sliders, warna yang bisa diubah, dan lebih dari 300 pilihan tulisan sehingga dapat menghasilkan tampilan elegan.

9. Neptune

neptune
Tutsplus.com

Anda yang menggunakan contoh blog makanan Neptune akan memungkinkan pembaca untuk menambahkan resep karya mereka pada blog Anda. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan layanan percobaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

10. Talisa

talisa
Themeforest.net

Jika Anda ingin mencari tampilan blog yang lebih luas, maka bisa memilih Talisa. Tampilan beranda yang lega ini tentu akan memberikan kesan visual yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa mengelolanya dengan sangat mudah.

11. Florentine

florentine
Tutsplus.com

Anda yang ingin menghadirkan tampilan ala Mediterania bisa menggunakan tema ini pada blog makanan Anda. Banyak yang menyukai tampilan tema ini karena memberikan kesan modern yang elegan. Tidak heran jika tema Florentine mendapatkan rating yang tinggi.

12. Super Food

super food
Themeforest.net

Rekomendasi contoh blog makanan yang bisa Anda pilih untuk tampilan yang lebih segar yaitu Super Food. Tampilan tema ini mengusung konsep modern minimalis dengan foto-foto yang menarik.

13. Cuisine

cuisine
Tutsplus.com

Jika menggunakan tema ini, Anda bisa bebas memiliki warna yang menurut Anda menarik. Selain itu, ada banyak widget yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehingga bisa memberikan tampilan visual yang lebih unik.

14. Fly Food

fly food
Tutsplus.com

Anda yang menggunakan WordPress.com atau WordPress.org bisa menggunakan tema dari Fly Food. Bahkan, tema ini menawarkan cara cepat dalam membangun tampilan halaman blog hanya dalam 3 menit. Tema ini juga memungkinkan Anda menggunakan video lengkap dengan panduannya.

15. Recipes

recipes
Tutsplus.com

Contoh blog makanan sederhana dengan suguhan tampilan elegan yaitu Recipes. Blog ini memilih fitur yang terpisah dari feed resep. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat konten review resep makanan.

16. Especio

especio
Tutsplust.com

Apabila ingin memiliki blog dengan tampilan keren seperti majalah maka bisa memilih Especio. Blog ini akan banyak menyajikan warna-warna cerah sehingga membuat makan jadi terlihat lebih menarik.

17. Tasty Food

testy food
Themeforest.net

Tasty Food memiliki banyak pengguna dan mereka memberikan penilaian yang baik hingga mendapatkan bintang 5. Anda juga bisa membuat highlight pada konten yang menurut Anda paling menarik.

18. Easy Meal

easy meal
Themeforest.net

Desainnya yang bersih dan minimalis akan membuat makanan terlihat lebih menonjol. Selain itu, blog Easy Meal juga menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda yang ingin mengisi lebih banyak tentang resep masakan karena sudah tersedia template tersebut.

19. Gastro

gastro
Tutsplus.com

Jika menggunakan blog ini, maka tampilan yang dihasilkan akan terlihat seperti menu restoran mewah. Selain itu, desain ini juga memungkinkan blog Anda ramai pengunjung karena SEO friendly.

20. Food & Cook

food dan cook
Themeforest.net

Jika Anda menggunakan tema Food & Cook dan membuat konten video, maka bisa dikolaborasikan dengan YouTube. Banyak food blogger yang menggunakan tema ini karena memiliki banyak kelebihan.

Mana Contoh Blog Makanan yang Cocok untuk Anda?

Itulah beberapa rekomendasi contoh blog yang bisa Anda pertimbangkan. Pilihan yang banyak tersebut tentu akan membuat Anda lebih mudah menentukan tema yang sesuai dengan konsep dan kebutuhan blog Anda.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel