Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

cara membuat blog tentang makanan

Cara Mudah Membuat Blog Tentang Makanan

4 min read

Share this article

Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi seorang blogger dengan berbagai tema blog. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba membuat blog tentang makanan, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah proses pembuatan blog.
Membuat blog tentang makanan sebenarnya cenderung susah-susah gampang. Pada dasarnya, yang menjadi faktor utama tingkat kesuksesan dari sebuah blog adalah konsistensi Anda dalam mengelola situs blog. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam pembuatan blog tentang makanan.

7 Metode Cara Membuat Blog Tentang Makanan

Sebelum memulai memikirkan konsep apa yang akan Anda usung dalam isi konten situs Anda, ikuti 7 metode ini agar situs blog makanan Anda bisa lebih optimal.

1. Pilih Domain & Hosting

Domain adalah identitas dari sebuah situs website. Selain itu, pemilihan domain sangat berpengaruh terhadap popularitas trafik situs Anda. Cari domain blog dengan kata-kata yang unik dan mudah diingat oleh audiens Anda agar identitas situs Anda jelas dan audiens menjadi tertarik untuk mengunjunginya.

Setelah mendapat nama domain untuk situs blog Anda. Selanjutnya adalah memilih web hosting. Web hosting adalah sebuah platform yang menyediakan layanan pembuatan situs website agar situs berjalan optimal dan aman.

Fungsi utama web hosting yaitu mengelola server, memastikan keamanan, dan mengoptimasi situs web agar berjalan dengan baik. Pemilihan hosting ini berfungsi agar blog Anda bekerja optimal dalam jejaring internet.

2. Instalasi WordPress

Step selanjutnya dari cara membuat blog tentang makanan adalah melakukan instalasi platform WordPress. WordPress adalah platform penyedia layanan pembuatan situs web yang bersifat open source (terbuka) dengan cara kerja simpel dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat membuat desain sesuai keinginan dengan menggunakan berbagai template yang penggunaannya sangat mudah. Anda tidak perlu melakukan coding dengan bahasa pemrograman, karena sistem pembuatan website di WordPress adalah berbasis CRM.

Selain itu, terdapat juga berbagai fitur plug-in yang fungsinya adalah untuk mengoptimalkan website Anda agar tampil dengan baik. Namun, plug-in ini perlu Anda pelajari terlebih dahulu penggunaan serta cara kerjanya agar tidak salah dalam memilihnya.

3. Memilih Template Tema yang Sesuai

Pemilihan tema pada situs blog harus Anda lakukan dengan teliti. Hal ini dikarenakan pemilihan tema yang menarik akan mempengaruhi audiens untuk mengunjungi blog Anda.

Karena blog yang akan Anda buat bertema makanan, maka Anda perlu memilih tema dengan template Food. Dalam WordPress, ada banyak sekali tema dengan template Food. Jadi, Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan desain yang Anda inginkan.

4. Perencanaan Konsep Konten

Untuk cara membuat blog tentang makanan selanjutnya adalah perencanaan konsep konten yang akan Anda buat. Pada tahap ini, Anda perlu memikirkan dengan sangat matang mengenai konsep apa yang akan hadir dalam blog Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat penjadwalan konten per bulan. Jadi, dalam sebulan Anda bisa membuat empat konten dan akan di-post satu kali dalam seminggu. Setelah itu, Anda hanya perlu membuat konsep makanan apa yang akan hadir dalam konten mingguan Anda ini.

Perlu Anda ingat satu hal bahwa, konten merupakan elemen terpenting dalam penyajian situs blog Anda. Biarpun template tema atau domain hosting Anda berjalan optimal tapi konten Anda tidak menarik, tentu audiens tidak akan betah membaca blog Anda.

Jadi, pastikan kualitas konten Anda terkonsep rapi dan tidak monoton agar audiens bisa menikmati konten secara berkelanjutan.

5. Melakukan Optimasi Fitur Situs Blog

Setelah semua komponen cara membuat blog tentang makanan di atas sudah Anda lakukan dengan benar, Anda juga perlu melakukan optimasi pada situs blog Anda. Caranya adalah Anda bisa melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization) agar blog Anda tampil di urutan pertama mesin pencari Google.

Setelah melakukan optimasi pada WordPress, Anda tinggal mencari kata kunci terbaik sebagai bahan pembuatan konten Anda. Riset kata kunci inilah yang bisa Anda kembangkan nantinya dalam konten Anda, agar konten tersebut sesuai standar yang diinginkan oleh Google.

6. Memulai Proses Blogging

Setelah semua komponen dan optimasi sudah Anda persiapkan dengan benar, maka tahap selanjutnya adalah membuat blog dan isi konten. Dari kata kunci yang sudah Anda riset sebelumnya, Anda bisa membuat konten menarik dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Buatlah konten yang berisi informasi dan edukasi terkait makanan. Selain itu, tanamkan kejujuran dalam setiap pembuatan konten, agar blog Anda memiliki kesan yang original di mata audiens.

7. Promosikan Blog Anda

Sebagai tahap terakhir dari cara membuat blog tentang makanan adalah promosi. Pada dasarnya, banyak metode yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda. Berikut ini adalah cara promosi yang tepat bagi sebuah situs blog:

a. Memanfaatkan Kolom Komentar

Kolom komentar pada sebuah situs blog memiliki fungsi sebagai media interaksi antara blogger dengan para audiens. Anda bisa memanfaatkan kolom komentar ini dengan berbagai cara.

Misalnya, Anda bisa membalas komentar pada postingan blog Anda. Atau, Anda juga bisa membalas komentar postingan blog orang lain dengan memberi komentar terkait promosi blog Anda.

b. Share Situs Blog Anda ke Sosial Media

Anda juga bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi situs blog. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu membagikan postingan ke berbagai sosial media yang Anda miliki. Hal ini terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah trafik pengunjung pada blog Anda.

c. Ikuti Komunitas Blog tentang Makanan

Bukan hanya menggunakan platform internet sebagai bentuk promosi blog, Anda juga perlu mengikuti komunitas blog tentang makanan agar audiens semakin mengenal situs Blog Anda.

Selain itu, bergabung dengan komunitas blog juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan ide-ide konten menarik yang bisa Anda terapkan konsepnya pada situs Blog Anda.

d. Berkolaborasi dengan Para Food Blogger Lain

Sebagai upaya promosi situs blog Anda yang terakhir, adalah dengan melakukan kolaborasi dengan para food blogger lain. Anda bisa membuat konten video, tulisan, ataupun foto-foto yang menarik sebagai bahan konten.

Di samping itu, kolaborasi dengan food blogger lain juga bisa menjadi wadah silaturahmi Anda untuk memperluas jaringan situs blog Anda. Bahkan, Anda bisa bertukar informasi dan mengembangkan blog secara bersama-sama.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang cara membuat blog tentang makanan. Terlepas dari penjelasan komponen di atas, perlu Anda ketahui bahwa blog yang berkualitas adalah blog yang mempunyai konten berisi informasi yang original.

Bukan hanya sekedar menarik, namun kualitas konten juga harus memuat informasi edukasi terkait makanan yang menjadi konsep situs blog Anda. Selain itu, ciptakanlah konsep sendiri agar identitas situs Anda out of the box.

Baca juga: 20 Contoh Blog Makanan Terbaik dan Tema WordPress Resep Makanan

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel