Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

cloud hosting adalah

Cloud Hosting Adalah: Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan, dan Contohnya

4 min read

Share this article

Jika Anda membutuhkan hosting murah yang cocok untuk pemula, tetapi memiliki sumber daya server yang luar biasa, Cloud Hosting menjadi solusi yang tepat.

Berikut beberapa pertimbangan yang membuat Anda memilih cloud hosting dibanding jenis hosting lainnya, seperti shared hosting dan cloud VPS:

  • Meskipun praktis dan ekonomis, kapasitas sumber daya server di shared hosting terbatas. Karena website Anda mesti berbagi “ruang” dengan website lain di server yang sama.
  • Meskipun kapasitas sumber daya servernya tinggi, Anda perlu keahlian teknis untuk mengelola VPS. Jadi, pilihan ini kurang cocok jika Anda masih pemula.

Untuk lebih mengenal cloud hosting, simak beberapa penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah layanan yang menggunakan penyimpanan berbasis digital atau virtual.

Dalam menyimpan data-data menggunakan beberapa server yang saling terhubung sehingga beban kerja server lebih terjaga dan stabil. Data-data yang tersimpan tersebut seperti foto, video, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Cloud Hosting

Selanjutnya, cara kerja jenis hosting ini juga perlu Anda ketahui. Dari penjelasan sebelumnya, layanan ini bekerja menggunakan beberapa server secara bersamaan. Jadi, jika salah satu server bermasalah maka server lainnya dapat segera membackupnya. Sehingga website Anda akan aman dan jarang terjadi error.

Fungsi Cloud Hosting

Setelah Anda memahami pengertian dan cara kerjanya, maka berikut penjelasan mengenai fungsi atau keuntungannya, antara lain:

1. Mengontrol Performa Website

Fungsi pertama cloud hosting adalah dapat mengontrol atau menjaga performa website Anda dengan baik. Terdapat beberapa fitur di dalamnya yang akan memberikan keuntungan untuk user.

Misalnya fitur optimasi kecepatan yang nantinya dapat mempercepat buka tutup website dan transfer data. Kemudian, selain kecepatan juga keamanannya yang terbilang sangat baik. Layanan satu ini akan memberikan perlindungan dari pencurian data, membatasi kontrol akses, kerahasiaan data, dan lainnya.

2. Kapasitas Penampungan Besar

Selanjutnya yaitu keuntungan cloud hosting adalah memiliki kapasitas penampungan pengunjung website (trafik) yang besar. Pastinya Anda yang memiliki website khawatir dengan jumlah trafik sangat tinggi sehingga menyebabkan error. Namun jika Anda menggunakan layanan ini, tidak perlu pusing dengan hal tersebut.

Hosting satu ini dapat menampung pengunjung atau traffic website dengan jumlah ribuan hingga ratusan ribu dalam waktu bersamaan. Meskipun pengunjung yang jumlahnya sangat banyak seperti itu tidak akan membuat website error.

Ketika server satu sudah maksimal, maka akan membagi ke server lain untuk mengurangi beban.

3. Mudah Mengelolanya

Anda yang menggunakan hosting awan akan mudah dalam mengatur atau mengelolanya. Untuk mengaturnya, sudah tersedia pengaturan khusus sehingga tidak membingungkan Anda.

Jika Anda pernah menggunakan layanan shared hosting, besar kemungkinannya Anda tidak akan mengalami kendala yang berarti karena pilihan pengaturannya yang hampir sama.

Kemudian ketika ingin mengatur beberapa bagian teknis tetap menggunakan cPanel atau control panel. Lalu, salah satu fitur yang ada dalam cloud hosting adalah WordPress Management untuk mengkonfigurasi update otomatis.

Selain kedua hal tersebut, terdapat juga fitur preview web yang berguna untuk melihat apakah website tersebut sudah siap terpublish atau belum. Dengan begitu Anda dapat menggunakan dan menikmati layanan tersebut dengan bebas dan sesuai keinginan.

Apa Kelebihan Layanan Ini?

Tentunya layanan hosting awan memiliki kelebihan yang bisa Anda rasakan saat memakainya, berikut penjelasannya.

1. Waktu Loading Lebih Cepat

Kelebihan pertama yaitu waktu loading terasa lebih cepat. Anda pasti sudah paham bahwa hosting awan dapat memaksimalkan kinerja dengan bantuan beberapa server yang saling bergantian.

Dalam penggunaannya, ketika memuat halaman situs akan terasa lebih cepat daripada menggunakan layanan hosting lainnya. Dengan terobosan baru seperti teknologi load balancing, nantinya akan dapat meringankan beban resource.

Tentunya, keunggulan ini akan membuat website memiliki waktu loading berbeda dengan hosting yang hanya menggunakan satu server.

2. Unlimited Storage

Kelebihan selanjutnya cloud hosting adalah dari segi penyimpanannya yang tanpa batas sama seperti cloud VPS. Dalam menyimpan data-data Anda nantinya akan berbentuk digital dan tersimpan pada server tertentu yang bebas Anda akses.

Jika menggunakan penyimpanan perangkat keras, pastinya terdapat batasan kapasitas seperti sampai 1 TB atau 2 TB saja. Kemudian ketika penyimpanan habis harus membeli lagi hardisk atau flashdisk baru.

Namun berbeda lagi ketika Anda menggunakan penyimpanan cloud karena akan lebih hemat tanpa perlu membeli media penyimpanan fisik lagi.

3. Uptime Stabil

Kelebihan yang bisa Anda rasakan sebagai pemilik website yaitu uptime-nya lebih stabil. Salah satu kekhawatiran pengguna hosting adalah website terkendala downtime. Namun jika Anda menggunakan hosting awan, maka tidak akan mengalami hal tersebut.

Penggunaan server yang lebih dari satu ini akan membuat proses pemuatan terasa efektif. Saat user melakukan request dan terjadi kegagalan, maka secara otomatis berpindah ke server yang lebih baik. Sehingga Anda sebagai user tidak perlu pusing karena permintaan akan terpenuhi dan website bisa berjalan dengan lancar.

4. Biaya Relatif Murah

Orang-orang yang ingin memiliki website pertama kali biasanya sangat mempertimbangan pengeluaran biayanya. Namun dengan cloud hosting ini dapat Anda jadikan pilihan karena harganya terbilang murah.

Meskipun pada umumnya harga hosting ini cukup mahal, namun jika Anda pemilik bisnis atau perusahaan yang lumayan besar akan menganggap bahwa harga layanan tersebut terbilang murah. Dengan harga yang penyedia layanan tawarkan tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai fitur pendukung secara komplit.

Kemudian, sistem pembayaran pada kebanyakan hosting sekarang ini yaitu cukup mengeluarkan biaya untuk besaran aktivitas yang Anda gunakan. Misalnya, saat Anda membayar layanan selama satu bulan, maka Anda bebas mengatur segala aktivitas penggunaan hosting sesuai kebutuhan.

5. Kemudahan Dalam Recovery

Untuk kelebihan selanjutnya dari cloud hosting adalah kemudahan dalam recovery data-data penting.

Pastinya hal yang paling ditakutkan pengguna hosting yaitu hilangnya data secara permanen di dalamnya. Apalagi, Anda yang menggunakan penyimpanan fisik terbilang lebih rentan karena bisa saja terjadi kehilangan data tanpa Anda sadari.

Namun jika Anda menggunakan layanan jenis cloud ini, tentunya akan aman. Setiap perusahaan yang menyediakan layanan tersebut akan melakukan backup pada tempat atau server yang berbeda. Dengan begitu dapat mencegah data yang bisa jadi hilang begitu saja dan Anda tidak perlu panik memikirkannya.

Contoh Penggunaan Website yang Tepat untuk Cloud Hosting

Dalam penggunaan jenis hosting ini, Anda harus sesuaikan kebutuhan pemakaiannya secara tepat. Beberapa rekomendasi website yang cocok yaitu:

  • Portal Berita

Berdasarkan kelebihan hosting awan yang dapat menampung trafik padat, maka sangat tepat jika Anda manfaatkan untuk mengakomodasi kebutuhan jenis website portal berita. Apalagi, sejumlah ratusan ribu orang atau pengguna internet pasti ingin membaca berita up to date secara bersamaan.

  • Toko Online

Contoh penggunaan yang kedua yaitu untuk Anda yang ingin membuat website toko online. Sekarang ini sangat banyak orang yang berbelanja kebutuhan melalui online sehingga dalam satu waktu terdapat ribuan pengakses.

Selain kedua website tersebut, masih banyak lagi pilihan jenis situs lain yang memerlukan layanan hosting awan ini. Bahkan, sekarang ini juga sudah banyak website yang menggunakan layanan cloud karena menguntungkan.

Apakah Sudah Paham Mengenai Cloud Hosting?

Dengan demikian, sekarang ini banyak penyedia layanan web hosting dengan segala fitur-fitur yang menguntungkan. Salah satunya dengan pemanfaatan jenis hosting awan yang banyak pemilik website gunakan.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti mencakup kapasitas trafik besar, pengelolaan yang mudah, dan lainnya.

Kemudian, terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Lalu ada beberapa jenis website yang sangat cocok untuk menggunakan layanan cloud hosting ini.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel