Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

apa itu vps

Mengenal Apa itu Virtual Private Server (VPS)

4 min read

Share this article

Pernah mendengar istilah VPS? Webmaster biasanya menawarkan opsi VPS untuk hosting. Bagi kamu yang belum paham mengenai jenis-jenis hosting mungkin akan bertanya tentang VPS. Sebelum memutuskan memilih salah satu opsi hosting, pada artikel ini akan dibahas lengkap mengenai VPS hosting.

Apa Itu VPS?

VPS adalah salah satu jenis hosting yang bisa kamu pilih untuk membuat website. Lalu apa itu VPS? VPS atau virtual private server merupakan layanan hosting dengan teknologi virtual yang menyediakan personal resource meski digunakan oleh lebih dari satu server.

VPS menjadi solusi kebutuhan hosting dengan harga terjangkau tapi memiliki privasi resource sendiri. Pilihan antara share hosting dan dedicated hosting. Biasanya digunakan oleh web owner yang telah memiliki traffic yang tidak mampu di cover oleh shared hosting, tetapi belum membutuhkan dedicated hosting.

Perbedaan VPS dengan Hosting Lainnya

Perlu diketahui bahwa setiap hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya, dibawah ini akan dibahas mengenai apa perbedaan VPS hosting dengan jenis hosting lainnya.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting yang dipilih untuk pemilik website yang belum mendapat banyak traffic atau pemilik website yang masih pemula. Dalam satu server fisik digunakan lebih dari satu website, tidak ada resource dedicated untuk masing-masing website, sehingga website kamu berjalan bersama website lainnya.

Shared hosting memang pilihan hosting yang paling murah, tapi kamu harus berbagi dengan website yang lain dan mengalami kendala ketika tiba-tiba traffic melonjak tajam. Akses website akan lebih lama, karena power computing akan dipengaruhi oleh pengguna lainnya.

Berbeda dengan VPS hosting, meski menggunakan satu server fisik yang sama, VPS masih menyediakan server virtual untuk memberi resource dedicated agar performa website lebih baik dan tidak dipengaruhi oleh user server lainnya.

2. Cloud Hosting

Berbeda dengan shared hosting. Cloud hosting memungkinkan kamu untuk menggunakan lebih dari satu server yang dijalankan menggunakan penyimpanan awan.

Masing-masing server menyimpan duplikat database website, sehingga ketika ada salah satu server yang mati, website tidak mengalami down, karena bisa digantikan oleh server lain.

Kalau cloud hosting menggunakan server virtual semuanya, sedangkan VPS masih menggunakan server fisik dengan tambahan penyimpanan virtual sebagai resource dedicated.

3. Dedicated Hosting

Sudah dibahas pada beberapa keterangan di atas, Dedicated hosting memungkinkan kamu untuk menyewa satu server fisik untuk bisa mengonlinekan website secara pribadi tanpa harus berbagi dengan website lainnya.

Dibandingkan dengan hosting lainnya, ini adalah hosting yang paling mahal karena fasilitas yang diberikan memang privasi. Membuat kamu bebas memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Sehingga hasilnya lebih cepat dan bisa dikostumisasi sesuai dengan yang kamu inginkan.

Hosting ini biasa dimanfaatkan oleh e-commerce yang membutuhkan banyak traffic dan sumber daya untuk menyimpan konten dan gambar, atau website berita online yang memiliki traffic yang tinggi, konten dan iklan.

Jika dedicated hosting tidak hanya bisa mengkonfigurasi software saja, berbeda dengan VPS hosting yang masih memungkinkan untuk memperoleh bantuan dari tim hosting. Dedicated hosting membuat kamu harus bekerja sendiri karena semua sumber daya telah kamu kuasai sepenuhnya.

4. WordPress Hosting

Ini merupakan hosting yang dikhususkan hanya untuk pengguna wordpress, semua fitur yang dihadirkan hanya bisa dinikmati oleh pengguna wordpress, seperti software antarmuka WP command-line dan one-click installation pre-installed plugin.

Kamu juga bisa menggunakan hosting VPS untuk mengelola website dengan basis wordpress melalui konfigurasi sesuai dengan kebutuhan website.

Kelebihan VPS Hosting

Setelah mengetahui apa itu VPS hosting? Ketahui juga apa kelebihan dari hosting virtual pribadi ini.

A. Performa Lebih Bagus

Selain memiliki server pribadi berbasis cloud, VPS juga memiliki server dalam bentuk fisik, hal ini tentu akan membuat performa lebih baik dan lebih cepat. Bahkan ketika terjadi lonjakan traffic dalam jumlah yang besar, website tetap stabil tanpa mengalami down.

Ketika server fisik atau server induk sedang mengalami penumpukan load karena traffic yang melonjak tajam, website akan tetap aman. Karena ada beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan, seperti CPU dengan kapasitas hingga 8GB, SSL, bandwidth hingga 100 Mbps, dan lain sebagainya.

B. Ragam Fungsi yang Banyak

Kepopuleran VPS memang tidak sebaik shared hosting, karena sebagian besar webmaster menyarankan menggunakan shared hosting untuk biaya yang rendah. Namun VPS memiliki fungsi yang sangat menarik.

Seperti penyediaan web hosting dalam skala kecil, mampu mengcover traffic yang tinggi, backup pribadi, space penyimpanan file hosting, server percobaan, VPN, serta remote desktop.

C. Harga yang Terjangkau

Ingin kualitas dedicated hositing tapi harga shared hosting? Cobalah menggunakan VPS, karena harga berlangganan yang sangat terjangkau dengan fitur dan layanan yang bisa dibilang lengkap.

Harga terjangkau ini dikarenakan VPS menggunakan fitur layanan manajemen sendiri yang mengharuskan kamu untuk melakukan konfigurasi setting dan pengaturan VPS sendiri.

D. Kapasitas yang Fleksibel

Ini adalah kelebihan yang tidak ditemukan pada shared hosting, yaitu kapasitas yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan data base kamu. Ini dikarenakan layanan server yang bisa kamu manfaatkan secara pribadi.

Jika membutuhkan penambahan kapasitas, bisa menggunakan 2 cara, yaitu cara vertical scaling dan horizontal scaling. Vertical scailing pada layanan, sedangkan horizontal scaling pada database, file penting, hositing email, dan cPanel hosting.

E. Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Jika kamu sudah memahami apa itu Indocenter, berarti kamu juga mengerti bagaimana tingkat keamanan yang diberikan, karena menggunakan sistem keamanan 2 jenis, yaitu jenis fisik dan juga virtual. Sehingga mampu melindungi dari maleware, virus, atau kejahatan siber lainnya.

Sistem keamanan ini juga tergantung dari operating sistem yang digunakan, apakah menggunakan Windows atau Linux. Dibandingkan dengan windows, Linux memberi keamanan yang lebih baik. Ini dikarenakan sistem operasi berbasis UNIX yang digunakan mampu melindungi dari virus, hacker atau malware.

Kekurangan VPS

Salah satu kelemahannya adalah VPS hanya bisa digunakan oleh mereka yang telah ahli mengkonfigurasi server, karena jika salah melakukan konfigurasi, maka kinerja website akan mengalami masalah secara keseluruhan.

Selain itu, pengguna VPS juga mengalami keterbatasan pada kendali server fisik, karena kebebasan hanya bisa didapatkan dari cloud server. Padahal pusat penyimpanan justru ada pada server fisik atau data center.

Tertarik Menggunakan VPS?

Setelah mengetahui apa itu VPS lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya, tertarik untuk menggunakan hosting ini? Jika tertarik menggunakan VPS bisa langsung menghubungi Indocenter. IndoCenter juga menyediakan hosting murah bagi kamu yang ingin membuat website.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait