Branding website merupakan salah satu agenda penting bagi pelaku usaha, organisasi, atau bahkan individu yang ingin menegaskan eksistensinya di dunia maya. Jika Anda sudah tahu triknya, maka situs web bisa berfungsi optimal untuk melancarkan berbagai kampanye dan promosi, serta mempertegas kredibilitas pengelolanya di hadapan publik, dengan biaya yang relatif minim.
Pengetahuan tentang branding pada website akan membuat Anda berhenti berpikir, bahwa kepemilikan situs web tidak lagi sekadar untuk formalitas atau penghias katalog bisnis belaka. Lebih jauh, situs web bisa berfungsi optimal, untuk membangun kredibilitas bisnis, promosi yang optimal, hingga perolehan omset yang tinggi serta berkelanjutan.
Mengapa Branding Website Penting?
Ada beberapa alasan yang membuat Anda wajib menerapkan strategi untuk mem-branding website. Mari simak uraian berikut ini untuk penjelasan selengkapnya:
- Mendukung agenda promosi dan branding yang optimal. Optimalisasi situs web untuk branding akan membuat keberadaan diri, organisasi, maupun bisnis Anda semakin disadari oleh masyarakat luas. Perhatian yang besar dari publik akan membuka peluang untuk melancarkan berbagai kampanye dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak uang dan energi.
- Menegaskan Kredibilitas Usaha. Website dengan desain yang bagus dan kompatibel akan mempengaruhi penilaian audiens terhadap reputasi dan kredibilitas dari pendirinya. Ini sangat penting untuk membangun kampanye dan bisnis yang berdaya saing tinggi.
- Memudahkan interaksi kepada pelanggan. Website yang bagus dan terpercaya bisa diandalkan sebagai media pelayanan yang optimal, di mana siapa saja yang terpengaruh dengan kampanye dan iklan Anda. Mereka juga bisa melakukan transaksi dengan mudah, mendapatkan informasi yang bermanfaat, hingga layanan konsultasi yang ramah.
Cara Mengatur Tampilan Website Agar Efektif untuk Branding
Ketika Anda sudah paham tentang pentingnya branding website, mari kita masuk ke ranah teknis, yakni bagaimana mengatur situs web agar bisa dijadikan sebagai alat branding. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, di antaranya sebagai berikut:
1. Lengkapi Atribut Website
Mula-mula, buat perencanaan dan rumusan yang matang, agar Anda dan tim bisa menguraikan tentang desain atau tampilan web, bentuk logo yang simpel dan mewakili identitas perusahaan, hingga menetapkan warna dan gambar-gambar yang dominan. Anda juga harus mengatur tata letak website agar mudah diakses dan membuat nyaman pengunjung.
2. Menghadirkan Konten-Konten yang Fresh dan Kreatif
Anda bisa memanfaatkan laman “Blog” dan mengisinya dengan berbagai artikel, gambar, video dan konten kreatif lainnya. Gunakan teknik khusus agar konten Anda bisa mudah terdeteksi di mesin pencari. Artinya, tidak sembarang membuat konten, Anda juga harus memikirkan kata kunci yang tepat, teknik penulisan artikel yang natural, hingga hal penting lainnya seputar pembuatan konten.
3. Cantumkan Identitas yang Jelas
Ketertarikan pengunjung dengan konten Anda akan menggiring mereka untuk penasaran tentang jati diri pengelolanya. Rasa penasaran mereka harus terfasilitasi dengan keberadaan profil perusahaan yang diisi dengan keterangan dan data-data yang jelas.
4. Lakukan Optimalisasi Web Agar User Friendly
Website Anda harus selalu diupayakan agar nyaman dan bisa diandalkan oleh pengunjung. Artinya, website seharusnya bebas lemot, tidak mudah down, serta menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung dengan alur transaksi yang jelas. Interaksi website dengan pelanggan juga harus komunikatif sehingga selalu terbangun rasa percaya dan membuat mereka secara sukarela mengikuti kampanye atau membeli produk Anda.
Contoh Perusahaan dengan Branding Website yang Sukses
Pembahasan tentang branding website tak akan lengkap tanpa contoh tampilan website perusahaan dengan desain profesional. Bukan berarti Anda harus meniru. Tapi memperkaya referensi tentang website yang sukses dalam hal bisnis dan branding akan memunculkan inspirasi dan ide kreatif yang menguntungkan. Ini dia tampilan website yang keren dan dianggap sukses dalam agenda branding memanfaatkan platform digital:
– Gojek.com
Website perusahaan jasa antar dan delivery yang satu ini cukup bagus, arena respon cepat, tidak lemot, serta SEO friendly. Ini sangat penting bagi kenyamanan penumpang dan driver, karena bisa berkoordinasi dan melakukan berbagai transaksi dengan aman. Konten-konten yang tersaji di website juga cukup bagus dengan desain yang modern. Para pengguna bahkan sudah familiar dengan warna brand yang diusung, yakni perpaduan antara warna putih dan hijau tua yang khas.
– Telkom.co.id
Perusahaan negara yang bergerak di bidang komunikasi ini menampilkan berbagai konten dan layanan yang lengkap dan up to date. Website juga didukung oleh ulti-device dengan slider hero di halaman utamanya, membuat pengunjung betah dengan tampilan dan kecepatannya. Anda juga bisa mudah mengakses situs web untuk mengecek info terbaru, profil, serangkaian berita dan peluang karir dengan mudah.
– Netmedia.co.id
Perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran kreatif ini memang sangat populer dan dinilai sukses dalam mengemas acara segar, menghibur dan berkelas. Website perusahaan juga mengusung tema modern dan profesional, dengan konten yang cukup lengkap, meliputi daftar acara, galeri foto dan informasi menarik lainnya.
– Microsoft.com
Perusahaan teknologi terbesar yang satu ini mengusung konsep yang modern dan simpel, tapi tetap elegan dan berkelas. Pemilihan warna-warna kuat membuat ciri khas perusahaan tetap terjaga dan familiar di mata publik. Logo perusahaan diletakkan di area header sebelah kiri, sedangkan laman menu tersedia di satu tempat terpusat, dan Anda hanya perlu klik untuk melihat pilihan-pilihannya.
Untuk memperkaya referensi perusahaan dengan branding website yang sukses, silakan mengecek situs web tersebut kapan saja. Tampilan yang simpel dan modern cocok dengan gaya pengguna gawai yang ingin serba instan dan cepat. Tak heran jika website yang kami sebutkan di atas patut dijadikan contoh sekaligus referensi terbaik.
Sudah Terapkan Branding Website?
Pada akhirnya, branding website sangat bisa diterapkan oleh semua pengusaha, dengan atau tanpa modal. Ini tidak melulu berkaitan dengan biaya. Justru kreativitas dan konsistensi dalam menggulirkan konten menarik, didukung oleh sistem web yang optimal, akan membuat siapa saja berkesempatan untuk menuju kesuksesan bisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing.