Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Apakah Website Kamu Sudah User Friendly? Ini 15 Kriteria Website User Friendly!

Apakah Website Kamu Sudah User Friendly? Ini 15 Kriteria Website User Friendly!

4 min read

Share this article

Apakah kamu merasa sudah melakukan banyak hal canggih untuk website, tapi trafik-nya masih sepi? Penyebabnya bisa jadi karena kamu belum menerapkan prinsip “User Friendly” secara maksimal. Secara umum, ini merupakan upaya yang wajib dilakukan para developer, sehingga semua pengunjung mudah mengakses website, dan bisa segera antusias karena mendapatkan banyak hal berguna di dalamnya. Mereka bahkan tidak segan untuk berlangganan, karena merasa terlibat dan menjadi bagian penting dalam website. 

Seperti diketahui, penggunaan website untuk eksistensi diri maupun bisnis semakin gencar. Meski siapapun bisa dengan mudah membuat websitenya sendiri, tidak semua bisa mengupayakan jumlah kunjungan yang tinggi untuk menyukseskan kampanye atau promosi tertentu. Pengelola web harus mau mengupayakan website user friendly sehingga website-mu bisa bekerja optimal, ramai pengunjung, serta menjadi ranking 1 di pencarian Google. 

Tanpa harus berpanjang kata, berikut ini 15 Kriteria Website user friendly yang harus segera kamu terapkan:

1. Pastikan Uptime Server Tinggi

Istilah “uptime” merujuk pada jumlah hitungan waktu online pada suatu server. Ketika pengunjung mengklik website-mu, seharusnya mereka tidak perlu menunggu lama untuk loading, serta bisa cepat dalam mengakses banyak konten di dalamnya ketika uptime server jelek, website akan sering down, dan ini akan memberikan kesan buruk bagi pengunjung. Jadi, sangat penting untuk selektif memilih provider hosting yang bagus. Jangan hanya sekadar murah, lalu kamu mengabaikan soal uptime server. Terutama jika kamu berencana menghimpun data yang kompleks dan pasang target trafik yang tinggi. Uptime server harus dipastikan bagus untuk mendukung website user friendly

2. Pilih Nama Domain yang Unik dan Singkat

Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus untuk memberi nama domainmu. Tapi ketika kamu ingin memiliki website user friendly, sebaiknya kamu membuat nama domain yang singkat, mudah diingat, serta berkaitan dengan brand yang sedang kamu kelola. Selanjutnya, kamu sebaiknya tidak menggunakan angka dan simbol rumit lainnya untuk nama domain. Penggunaan ekstensi yang unik juga lebih direkomendasikan, karena berpotensi mudah diingat publik maya.

3. Mengupayakan Akses Cepat

Anda bisa mengupayakan berbagai hal agar semua konten di website kamu bisa diakses dengan cepat. Di antaranya dengan mengaktifkan caching web, melakukan kompresi untuk gambar agar tidak berat, membatasi jumlah konten per halaman, serta tidak terlalu banyak menggunakan plugin. Kamu juga sebaiknya memilih tema yang ringan agar waktu loading semakin cepat. 

4. Rancang Struktur Website Sesuai Kategori

Website user friendly juga harus diupayakan dengan cara mengelompokkan konten berdasarkan kategori tertentu. Pastikan struktur website tertata rapi sehingga pengunjung tidak bingung ketika ingin mencari atau mendapatkan informasi tertentu dalam web. Seperti ketika memasuki sebuah perpustakaan, buku-buku yang rapi dan tertata rapi akan membuat siapapun betah. Akses pencarian konten tertentu juga lebih mudah ketika semua terkelompokkan dalam kategori yang spesifik.

5. Rancang Sistem Navigasi yang Efektif

Ketika kamu sudah menata konten dalam kamar-kamar khusus, maka navigasi adalah kunci pembuka atau akses cepat menuju banyak pintu kamar yang diinginkan. Untuk merancang navigasi yang efektif kamu harus terlebih dahulu menata struktur web yang rapi. Selanjutnya, gunakan kata kunci tertentu untuk menamai menu navigasi. Sebaiknya kamu tidak menggunakan gambar ketika ingin membuat navigasi web. Selain itu, selalu periksa, jangan sampai ada broken link pada halaman web.

6. Sebar Link Familiar untuk Memudahkan Akses Cepat

Keberadaan link pada web sangat penting agar pengunjung bisa mendapatkan rekomendasi untuk konten lanjutan yang menarik. Ini sebenarnya masih satu paket dengan navigasi, hanya saja dalam bentuk link. Untuk memetakan link agar website user friendly, kamu bisa membuat anchor text yang berkaitan dengan kata kunci. Anchor text juga bisa digarisbawahi, atau dibuat bold dan berwarna mencolok, agar lebih menarik perhatian. Penempatan sebaran link juga harus strategis agar mudah dideteksi atau diakses oleh semua pengguna.

7. Buat Judul Konten yang Menarik dan URL Unik

Strategi membuat judul akan berkaitan dengan kreativitas konten kreator. Judul yang clickbait dan bombastis sah-sah saja, asalkan tidak mengandung unsur penipuan dan pembodohan publik. Bagaimana pun kamu merancang judul, sebaiknya ia mewakili isi dari keseluruhan konten. Judul konten juga sebaiknya memuat kata kunci utama, sehingga ramah untuk mesin pencari. 

Di sisi lain, perhatikan pula URL untuk setiap konten. Sebenarnya URL bisa terbentuk otomatis, tapi kamu tetap punya kendali untuk merancangnya kembali agar lebih singkat dan unik. Dengan begitu, semua pengunjung bisa mengetik dengan mudah ketika mereka ingin mencari konten tertentu berdasarkan alamat URL-nya.

8. Konsisten Memproduksi Konten Berkualitas

Mengupayakan website user friendly agar trafik meningkat membutuhkan proses dan upaya yang tidak sederhana. Ini berkaitan erat dengan produksi konten yang berkualitas dan ini harus melibatkan proses kreatif yang didasari oleh referensi dan teknik menulis yang terlatih. Pastikan kamu selalu menyimpan rangkuman penting di bawah judul konten. Keberadaan daftar isi juga penting, terutama untuk artikel panjang, agar orang bisa mudah mengakses cepat berdasarkan sub judul yang tersedia. 

Anda juga sebaiknya tidak malas mencantumkan foto ilustrasi yang menarik, hingga membuat infografis. Pembuatan kutipan di sela-sela paragraf tertentu juga akan memudahkan pembaca untuk menangkap pesan penting dalam kontenmu. 

9. Pilih Warna dan Tema Web yang Sesuai

Kemudahan akses juga harus diimbangi dengan tampilannya yang menarik dan nyaman untuk pandangan mata. Background warna putih lebih direkomendasikan untuk website yang bagus, karena kamu bisa dengan mudah menambahkan gambar dan objek berwarna lainnya lainnya untuk setiap konten yang berbeda. 

10. Tampilan yang Konsisten Ketika Diakses di Berbagai Browser

Dengan pengaturan tertentu, seharusnya website kamu bisa tampil dengan konsisten ketika pengguna ingin mengakses lewat smartphone, PC atau perangkat lainnya. 

11. Call To Action yang Efektif

Sebaiknya tidak berbasa-basi untuk menegaskan tujuan website-mu. Jika untuk mengundang kerja sama, munculkan tombol yang jelas pada chat agar pengunjung mudah mengklik dan mulai berkonsultasi. Begitu pula ketika tujuan kamu untuk memasarkan produk tertentu. Buatlah “Call To Action” yang jelas agar pengunjung bisa menegaskan ketertarikannya lebih lanjut dengan mudah. 

12. Buat Formulir Partisipasi yang Sederhana

Untuk mengumpulkan leads, kamu sebaiknya membuat formulir partisipasi dengan format yang simpel. Pengunjung sebaiknya tidak direpotkan dengan isian kolom yang banyak dan berbelit-belit. Semakin simpel, semakin website user friendly.

13. Respon Cepat 

Ketika kamu membuka kolom komentar, atau menyediakan tombol chat, upayakan agar kamu bisa menanggapi dan membalas dengan cepat ketika ada pesan masuk dari pengunjung. Format pesan otomatis bisa digunakan ketika admin website tidak sedang stand by

14. Produksi Konten Up to Date

Konten pada website sebaiknya diperbarui setiap hari. Ini penting agar pengunjung selalu mendapatkan informasi yang segar sesuai preferensi masing-masing. 

15. Tersedia dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Website seharusnya bisa diakses dalam versi mobile. Saat ini, orang lebih banyak menggunakan smartphone dan mengakses website lewat peramban di ponsel pintar. Pembuatan aplikasi website akan lebih memudahkan pengguna untuk mengandalkan website-mu dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Mengupayakan website user friendly akan lebih mudah ketika kamu sudah tepat mengambil langkah awal. Maksudnya, pemilihan domain menjadi salah satu faktor penting agar website tidak hanya ramai pengunjung, tapi juga membuat banyak pengguna betah, bahkan memutuskan untuk berlangganan. Memutuskan beli domain murah di Indocenter.id merupakan sebuah keputusan yang tepat. Sebab bersama kami, kamu tidak hanya mendapatkan harga termurah, tapi juga tetap mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan optimal. 

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait