Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Apa Itu SSH dan Aplikasi yang Digunakan

Apa Itu SSH dan Aplikasi yang Digunakan

3 min read

Share this article

Secure Shell atau yang biasa disebut SSH adalah sistem transfer yang digunakan untuk mengontrol dan memodifikasi server secara remote atau dari jarak jauh. Dengan adanya SSH ini anda tidak perlu datang ke lokasi server berada. SSH sebagai sebuah protokol administrasi yang memungkinkan user untuk mengakses berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH adalah system yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal tersebut, atau biasa disebut dengan remote server.

SSH biasa digunakan untuk akses administrator, contohnya seorang  Network Administrator dan System Administrator menggunakan SSH untuk mengelola server dari jarak jauh. SSH mengizinkan pengguna mengontrol program, menyalin, memindahkan, bahkan menghapus file pada server tanpa harus mendatangi tempat server secara langsung.

Ada dua metode penggunaan SSH: dengan key dan tanpa key. Metode menggunakan key lebih aman karena membutuhkan otentikasi dua arah, baik dari klien maupun dari server.

Saat menggunakan SSH, Anda bisa terhubung dengan komputer atau server yang berbeda lokasi dari lokasi Anda saat ini, asalkan masih terhubung dalam satu jaringan internet. SSH digunakan untuk mengenkripsi sambungan yang terjadi antara perangkat Anda dengan server di lokasi lain. Hal ini tentunya sedikit berbeda dengan SSH client. SSH client merupakan sebuah program atau aplikasi untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain melalui protokol SSH.

Jenis aplikasi SSH client apa saja yang cocok untuk OS windows?

SSH client nantinya akan  menghubungkan sistem operasi dengan SSH server. Aplikasi ini terkadang sudah terpasang pada sistem operasi, seperti Linux dan MacOS. Jika Anda menggunakan windows, berikut  beberapa aplikasi SSH client yang bisa Anda coba.

1. Putty

Putty merupakan salah satu aplikasi SSH client yang cukup popular dan banyak digunakan diantara yang lain. Selain karena aplikasi ini gratis, putty juga bisa dijalankan untuk OS Linux. Bukan hanya itu saja, dalam aplikasi putty sendiri memiliki banyak fitur yang bisa digunakan. Beberapa fitur pada putty adalah IP Version 6 support, Support SFTP, Mendukung 3DES, DES, AES, Blowfish, Arcfour, Dukungan terhadap koneksi local port serial dan masih banyak fitur lainnya.

2. Bitvise

Selain Putty, aplikasi Bitvise sendiri pun juga gratis. Maka pasti banyak dari penikmat internet gratis yang sudah mengetahui tentang aplikasi ini. Bitvise memiliki beberapa fungsi yang sangat beragam, fungsi tersebut biasa digunakan untuk menjalankan berbagai perintah melalui terminal console, menjalankan SFTP dan juga remote desktop.

Untuk tampilan di bitvise terdapat profile login untuk masuk ke aplikasi dan setelah itu Anda bisa memilih fungsi apa yang akan dijalankan. Profile loginnya dapat disimpan sehingga saat akan sangat memudahkan proses login selanjutnya.

3. mRemoteNG

Pada mRemoteNG memiliki tampilan awal hanya tersedia kolom untuk memasukkan IP atau Host yang ingin di remote. Setelah itu Anda diberi opsi untuk memilih jenis koneksi yang ingin digunakan, seperti :

  • RDP(Remote Desktop/Terminal Server)
  • VNC(Virtual Network Computing)
  • ICA(Citrix Independent Computing Architecture)
  • SSH(Secure Shell)
  • Telnet(TELecommunication NETwork)
  • HTTP/HTTPS(Hypertext Transfer Protocol)
  • Rlogin
  • Raw Socket Connections

4. Terminals

Keunggulan aplikasi ini adalah yang sangat aman digunakan dan support Multilab Remote Desktop. Dan juga aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dibandingkan aplikasi yag lainnya. Beberapa jenis fiturnya antara lain adalah Tracert, DNS tools, Wake on LAN, Port scanner, Multi ab interface, Screenshot capture, Multi-protocol: Windows Remote Desktop (RDP), VNC, VMRC, SSH, Telnet dan masih banyak lagi.

5. KittY

KiTTY bisa disebut sebgaai SSH terbaik karena dirancang khusus untuk Microsoft Windows. Nahh, untuk pengguna OS windows ini adalah aplikasi yang harus Anda tahu. Anda juga bisa mendapatkan fitur web hosting murah dan berkualitas dengan layanan 24 jam setiap harinya yang membantu Anda dalam mengatasi kendala.

4. MobaXterm

MobaXterm merupakan salah satu SSH client gratis tercanggih. Aplikasi ini mendukung berbagai tipe koneksi SSH, Rlogin, RDP, VNC, XDMCP, FTP, SFTP dan Serial sessions. Namun MobaXterm membutuhkan ruang  sekitar 20MB untuk mendownload file saat mencoba aplikasi yang satu ini. MobaXterm tersedia dalan 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis tentunya ada batasan penggunaan fiturnya.

Jenis aplikasi SSH client apa saja yang cocok untuk Linux?

1. Putty

Putty adalah aplikasi yang bisa digunakan pada Windows dan juga Linux. Bukan hanya itu saja, dalan aplikasi putty sendiri memiliki banyak fitur yang bisa digunakan. Beberapa fitur pada putty adalah IP Version 6 support, Support SFTP, Mendukung 3DES, DES, AES, Blowfish, Arcfour, Dukungan terhadap koneksi local port serial dan masih banyak fitur lainnya.

2. Remmina

Remmina adalah salah satu aplikasi yang cepat, stabil dan juga gratis yang bisa digunakan pada Linux. Selain karena hal-hal tersebut, Remmina ini adalah aplikasi yang bisa digunakan dalam 67 bahasa.

Fitur yang bisa Anda gunakan pada aplikasi ini yaitu: RDP, VNC, SPICE, NX, XDMCP, SSH, dan EXEC network protocols.

3. OpenSSH

OpenSSH adalah aplikasi yang dapat mengenkripsi untuk menghilangkan penyadapan, pembajakan koneksi, dan serangan lainnya. Tools yang diunggulkan dari aplikasi ini yaitu :

  • Untuk mengremote menggunakan ssh, SCP, dan SFTP.
  • Manajemen kunci dengan ssh-add, ssh-keysign, ssh-keyscan, dan ssh-keygen.
  • Sisi layanan terdiri dari sshd, sftp-server, dan ssh-agent.

4. Hyper

Hyper adalah aplikasi yang menawarkan klien SFTP baris perintah scriptable, cepat, stabil dan sederhana. Tidak hanya itu, Anda dapat menginstalnya di berbagai distribusi Linux seperti Fedora dan Debian. Aplikasi ini berada di bawah lisensi MIT dan ditulis dalam bahasa TypeScript.

5. Termius

Termius adalah SSH open-source yang ditulis dengan Python. Ini digunakan oleh lebih dari 24000 insinyur di seluruh dunia yang memungkinkan Anda mengatur host ke dalam grup. Aplikasi ini juga mendukung pelengkapan otomatis saat Anda mengetik, menambahkan cuplikan. Bebeapa fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah sinkronisasi lintas perangkat yang aman, SFTP bawaan, dan klien Telenet, sesi seluler yang berjalan di latar belakang dan banyak lagi.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel

Cara Install Laravel 8 di Cpanel
1 min read

Cara Install Laravel 8 di Cpanel

Cara Install Codeigniter 4 di Cpanel
1 min read

Cara Install Codeigniter 4 di Cpanel

Cara Install WordPress di Cpanel
1 min read

Cara Install WordPress di Cpanel