Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

colocation adalah

Colocation: Solusi Layanan Data Center di Indonesia

4 min read

Share this article

Data merupakan salah satu komponen penting baik dalam perusahaan atau bisnis manapun. Data menyimpan banyak hal penting yang sengaja disimpan sebagai arsip atau disimpan agar bisa berguna untuk kemajuan perusahaan dan bisnis kedepannya.

Untuk itu, setiap perusahaan besar atau bisnis pasti membutuhkan tempat yang luas untuk menyimpan data yang banyak. Tempat untuk menampung data inilah yang disebut dengan colocation.

Colocation adalah tempat khusus yang disediakan oleh pihak lain yang bergerak di bidang jasa penyimpanan data. Jika Kamu sangat memerlukan ruang lebih untuk menyimpan data baik berupa soft data atau data dalam hardware komputer, menyewa jasa colocation ini pasti akan sangat membantu.

Tidak jarang perusahaan besar menyimpan data – data pentingnya menggunakan colocation. Terutama jika mereka sudah tidak memiliki ruang yang cukup lagi untuk menyimpan data. Selain itu, dengan menggunakan jasa dari colocation server, Kamu akan mendapatkan kelebihan – kelebihan yang tidak bisa didapatkan jika mengelola data sendiri.

Colocation adalah solusi terbaik untuk mengurus data penting perusahaan Kamu. banyak orang menyebutnya dengan pusat data terbaik karena semua data yang ada dalam colocation ini dijamin aman. Inilah kelebihan – kelebihan jika Kamu menggunakan layanan data center terbaik seperti colocation

Kelebihan Layanan Data Center Colocation

Penyedia jasa layanan penyimpanan data seperti colocation tentu akan memberikan kelebihan – kelebihan bagi Kamu yang menggunakan jasanya untuk menyimpan data. Namun sebelum itu, Kamu perlu mengetahui 2 jenis layanan yang disediakan oleh pihak penyedia jasa ini.
ada jasa penyimpanan data di data center namun Kamu tetap menjaga data tersebut secara mandiri. Istilahnya, Kamu hanya memesan ruangan untuk penyimpanan data dan melakukan self service. Layanan ini disebut unmanaged colocation.

Self service yang dimaksud adalah Kamu harus tetap mengawasi data secara mandiri, melakukan back up data secara mandiri dan memperbaiki server data jika terjadi masalah. Harganya tentu akan berbeda dengan jenis layanan satunya yang sering menjadi pilihan beberapa perusahaan besar.

Jasa penyimpanan data selanjutnya adalah Kamu bisa menyimpan data di data center colocation, namun tidak perlu menjaga dan merawat data itu secara mandiri. Kamu bisa mempercayakan semua perbaikan server dan back up data kepada pihak yang menyediakan jasa layanan ini. tentunya, dengan menggunakan jasa penyimpanan data jenis ini.

Kamu tidak perlu melakukan self service dan bisa lebih santai karena semuanya akan dikerjakan oleh pihak penyedia jasa layanan data center. Jenis pelayanan ini disebut dengan managed colocation

Kamu bebas memilih jenis layanan mana yang lebih disukai. Namun kedua jenis layanan ini sama – sama memiliki kelebihan. Kelebihan menggunakan layanan data center colocation adalah

1. Fasilitas yang Lengkap

Alasan utama mengapa banyak perusahaan menggunakan jasa layanan data center adalah karena tidak ada fasilitas yang memadai untuk mendukung penyimpanan data yang lebih baik.

Namun, menggunakan jasa layanan data center colocation ini, kamu bisa mendapatkan beberapa fasilitas terbaik untuk menjaga data – data penting perusahaan.
Fasilitas tersebut bisa berupa alat pendeteksi kebakaran sekaligus pemadamnya, peringatan jika terdapat kesalahan dalam server, baterai cadangan dan generator yang membuat Kamu tidak perlu khawatir terdapat kendala listrik disana. semua fasilitas sudah disiapkan dengan baik sehingga tidak perlu khawatir data hilang atau rusak. Kamu hanya perlu meletakkan data – data penting di data center ini.

2. Lebih Efisien

Terkadang, untuk memelihara data akan membutuhkan tenaga ahli lebih banyak. Begitupun dengan teknologi yang bisa mendukung penyimpanan data.

Namun, dengan colocation ini, Kamu bisa menyimpan data dengan lebih efisien. Tidak perlu menambahkan tenaga ahli atau sumber daya manusia baru serta teknologi yang memadai. Secara tidak langsung Kamu sudah menghemat pengeluaran untuk masalah pemeliharaan data.

3. Data Lebih Aman

Tujuan utama layanan data center seperti colocation adalah penyimpanan data yang lebih aman. Keamanan data ini bisa dijamin dengan beberapa hal, seperti pengawasan terhadap data – data selama 24 jam, begitu pula dengan teknologi paling mutakhir untuk mencegah serangan virus apalagi memblokir pencurian data.

Apalagi kejahatan dalam dunia cyber kini sudah semakin marak. Jika Kamu tidak memiliki teknologi yang baik untuk menyimpan data agar lebih aman, maka menggunakan jasa colocation adalah solusi terbaiknya. Kini, Kamu tidak perlu khawatir data tidak aman atau takut data ketahuan oleh pesaing. Karena penjagaan atau pengawasan terhadap data akan dilakukan dengan sangat ketat.

4. Kontrol dan Kendali Sepenuhnya

Kamu juga bisa tetap mengontrol dan mengendalikan data kapanpun Kamu mau. Karena bagaimanapun data tersebut merupakan milik Kamu, sedangkan pihak jasa layanan data center hanya memberikan layanan tempat, fasilitas, dan bantuan merawat serta mengawasi data.

5. Menggunakan Teknologi yang Sangat Maju

Teknologi yang digunakan untuk mengamankan data atau merawatnya tentu merupakan teknologi terbaik yang sudah sangat maju. Biasanya jarang sekali ada perusahaan yang memiliki teknologi untuk menjaga dan mengawasi data sebaik teknologi yang dimiliki oleh penyedia jasa colocation.

Pihak penyedia jasa data center ini juga memiliki tips hosting yang baik sehingga siapapun yang tidak bisa berbuat apa – apa terhadap data, akan langsung ditangani dengan baik dan sudah pasti aman oleh penyedia jasa layanan data center colocation.

Meski begitu, ada beberapa perusahaan yang masih memahami tips hosting dengan baik sehingga hanya menyewa ruangan atau tempat saja untuk penyimpanan data di colocation. Kelebihan – kelebihan ini jelas akan membawa keuntungan bagi pihak perusahaan yang menggunakan jasa layanan data center.

Dimana Saya Bisa Menggunakan Layanan Colocation

Colocation adalah solusi terbaik untuk mengatasi kesulitan menjaga data baik perusahaan yang memiliki banyak pengetahuan tentang teknologi penyimpanan data maupun tidak. Jika Kamu memiliki perusahaan besar yang membutuhkan layanan seperti ini, mungkin Kamu bertanya – tanya dimana bisa menggunakan layanan colocation ini.

Sebelumnya, Kamu harus tahu bahwa setidaknya ada 2 pihak yang mampu dan berhak menjalankan layanan colocation ini, yaitu beberapa industri teknologi dan penyedia cloud atau penyimpanan. Itu sebabnya jika ingin menggunakan layanan data center colocation, Kamu harus meminta bantuan terhadap salah satu antara industri teknologi dan penyedia cloud atau penyimpanan.

Kamu juga harus tau apakah industry teknologi dan penyedia cloud tersebut memang membuka layanan untuk hosting atau penyimpanan data. Sebaiknya pilihlah lembaga yang sudah menjalankan jasa layanan data center ini dalam waktu lama. Dengan demikian, Kamu akan tahu bahwa orang – orang tersebut berpengalaman menangani dan mengawasi data – data perusahaan.

Namun menyediakan jasa colocation adalah harus dengan fasilitas yang sangat mendukung dan teknologi yang memadai. Sehingga penting bagi Kamu memeriksa terlebih dahulu penyedia jasa layanan data center ini apakah sudah memenuhi kriteria seperti fasilitas dan teknologi tersebut.

Setelah memahami colocation, kamu pasti sudah menemukan solusi tepat untuk kemudahan menyimpan data. Yuk gunakan layanan data center terbaik hanya di Indocenter, dijamin data pasti aman.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel