Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

apa itu cpanel

Cara Mudah Mengelola Hosting Website Menggunakan cPanel, Apa Itu cPanel?

4 min read

Share this article

Ketika pertama kali membuat website, kamu akan diberikan cPanel agar bisa mengelola website. Tidak perlu melakukan manajemen server untuk melakukan operasi hosting. Tapi apakah kamu tahu apa itu cPanel dan apa fungsinya untuk website? Kita akan membahas selengkapnya di sini.

Apa Itu cPannel

cPanel adalah control panel yang memungkinkan kamu untuk mengatur website, domain, dan hosting. Bisa dikatakan cPanel adalah tool yang mampu memberikan tampilan grafis secara otomatis. Membantu user untuk urusan teknis hosting.

Tool yang cukup populer baik di Indonesia maupun di dunia ini telah menjadi andalan para para penyedia jasa layanan hosting. Karena memiliki ragam fitur terbaik yang bisa digunakan oleh pemilik website.

Tool ini bisa berjalan dalam sistem operasi Linux, FreeBSD, Red Hat, dan centOS. Dan juga dibuat dalam bahasa pemrograman Perl serta support custom plugin, dan banyak server lagi.

Fungsi cPannel

Ada beberapa fungsi cPanel yang bisa kamu ketahui. Antara lain :

1. Mengelola File

Tanpa menggunakan cPanel, kamu harus masuk pada server untuk bisa melakukan manajemen file, seperti menambah file website, menghapus, memindahkan, dan lain sebagainya. Tapi dengan menggunakan cPanel, semua itu bisa langsung dilakukan pada file Manager.

Pada cPanel juga ada menu restorasi dan backup yang bisa kamu gunakan untuk melakukan backup restorasi, dan cukup klik Disk Usage untuk melihat kapasitas memori server yang bisa kamu gunakan.

2. Mengelola Database

Fungsi cPanel selanjutnya adalah untuk mengelola data base, terutama bagi pemula atau yang masih awam masalah hosting dan server. Dengan tool ini, kamu bisa mengelola database website dengan menggunakan database populer, yaitu PostgreSQL dan MySQL.

3. Mengelola Domain

Bagi kamu yang merasa masih pemula dan perlu tool untuk mengelola domain dengan mudah, tool cPanel ini bisa kamu andalkan. Dengan tool ini kamu bisa menghapus domain, menambah subdomain, setting DNS, setting Aliases, dan Redirect domain.

Terutama untuk setting DNS, ini sangat kamu perlukan jika akan mengarahkan domain ke hosting, melakukan custom domain, ataupun mengarahkan domain pada server lain.

4. Mengelola Email

Memiliki email custom dengan nama perusahaan akan menambah citra positif perusahaan membuat bisnis terlihat lebih kredibel. Beruntung cPanel menyediakan layanan mengelola email secara mandiri.

Selain itu, cPanel juga bisa digunakan untuk membuat balasan email secara otomatis, membantu jika kamu tidak bisa langsung membalas email yang masuk. Ada pula fitur filter email yang memungkinkan kamu untuk menyaring semua email yang masuk. Dan juga menu untuk mengamankan email dari sasaran tindakan hacker.

5. Melihat Grafik dan Data

cPanel juga memungkinkan kamu untuk melihat grafik dan data website setiap bulannya, seperti menggunakan menu visitor untuk melihat jumlah pengunjung yang datang. Menggunakan menu Errors untuk melihat log website. Dan menggunakan menu bandwidth untuk melihat bandwidth yang berjalan.

Atau menu-menu lain yang bisa membantu membuat performa website lebih baik lagi. Cara mudah bagi webmaster yang masih awam dan pemula.

6. Mengelola Security

Terdapat menu hotlink protection dan IP Blocker, IP Blocker akan membantu memblokir IP yang mengandung indikasi spamming. Bisa juga menambahkan SSL berbayar pada menu SSL/TLS agar bisa mendapatkan fitur keamanan ganda.

Tak hanya itu saja, pengelolaan security website juga bisa kamu lakukan dengan menambah SDH Access, fitur ini hanya bisa digunakan pada paket hosting super.

Baca juga: Apa Itu SSL? Apa Fungsinya dalam Sebuah Website?

7. Mengelola Aplikasi

Untuk bisa menjalankan Ruby, Perl, Phyton, Ghost, dan Node JS pada hosting, diperlukan aplikasi. Kamu tinggal membuka beberapa menu yang ada pada software. Termasuk juga jika ingin menggunakan Cloudflare, user juga bisa menggunakan menu yang ada pada software ini.

8. Pengelolaan Advance atau Lanjutan

Pada website ada yang namanya tool Cron jobs, yaitu sebuah utility tools yang berfungsi untuk sistem penjadwalan perintah script website atau Shell. cPanel bisa digunakan pengelolaan Cron jobs pada tingkat advance.

9. Mengubah Bahasa, Data User dan Password

Dan yang terakhir, cPanel bisa kamu gunakan untuk merubah data user dan password hosting, bahkan jika ingin merubah pengaturan bahasa, tool ini juga bisa menjadi andalan untuk bisa merubah bahasa pemrograman sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Kelebihan cPannel

Setelah mengetahui apa itu cPanel dan manfaatnya, kamu juga harus perlu tahu apa saja kelebihan cPanel :

A. Aneka Fitur yang Melimpah

Kelebihan cPanel yang tidak dimiliki oleh tool lainnya adalah fitur-fitur yang melimpah, hal ini tentu membuat user merasa terbantu. Terutama user pemula yang masih dalam tahap belajar. Bahkan tersedia banyak fitur yang berbeda untuk tujuan yang masih sama.

Kamu bisa menggunakan 3 opsi fitur backup, baik fitur bawaan, wizard ataupun JetBackup.

B. User friendly

Tampilan Graphical user interface yang diusung oleh cPanel membuat siapapun bisa menggunakannya dengan mudah. Penataan fitur yang sangat rapi sesuai kriteria akan membuatmu mudah menemukan fitur apa yang kamu butuhkan.

C. Tool yang Sangat Populer

Satu fakta menarik tentang cPanel, tool ini merupakan tool andalan bagi penyedia layanan hosting di Indonesia. Ini merupakan software resmi yang menjadi andalan penyedia layanan hosting untuk mengelola berbagai fitur yang mereka tawarkan.

Sedangkan di dunia, cPanel menjadi control panel terbaik setelah Plesk. Kepopuleran ini sampai di Indonesia dengan menempatkan cPanel sebagai software paling populer diantara software control panel lainnya.

D. Panduan dan Dokumentasi yang Lengkap

Software yang populer biasanya menyediakan panduan dan dokumentasi yang lengkap, termasuk juga dengan cPannel. Software ini menyediakan panduan dan dokumentasi yang lengkap. Sehingga akan sangat membantu menggunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah website yang sedang kamu hadapi.

Kekurangan cPannel

Meski memiliki banyak kelebihan, namun cPanel juga memiliki banyak kekurangan. Seperti :

1. Performa Lambat

Ini adalah keluhan yang sering diutarakan oleh penggunanya, kinerja cPanel menjadi lebih lambat. Ini dikarenakan banyak fitur yang disematkan di dalamnya, membuat resource hosting menjadi lebih boros, install cPanel lengkap dengan fitur-fiturnya.

2. Membingungkan User

Ada 3 fitur untuk tujuan yang sama, di satu sisi ini memang membantu, memberi opsi terbaik yang bisa dipilih oleh user. Tapi di sisi lain, ragam fitur yang melimpah ini membingungkan pengguna pemula. Sehinggu membuat user bingung akan menggunakan yang mana.

3. Biaya Langganan yang Mahal

Banyak yang mengatakan bahwa biaya sewa cPanel terbilang cukup mahal, bahkan harga langganan paling murah saja per bulan bisa mencapai 230 ribu. Tentu ini cukup mahal bagi sebagian penggunanya.

Layanan Hosting dengan cPanel di Indocenter

Jika kamu perlu penyedia jasa hosting murah dengan cPanel, langsung saja hubungi tim Indocenter. Di sini kamu bisa menemukan hosting terbaik dengan harga yang bervariasi untuk berbagai jenis hosting sesuai dengan kebutuhan website atau toko online kamu.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait