Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Contoh Header Website

7 Contoh Header Menarik untuk Website Kamu

4 min read

Share this article

Sebagai hal pertama yang dilihat oleh pengunjung website, header perlu dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat mereka agar mau lanjut melihat informasi yang tertuang di dalamnya.

Nah, kali ini akan dibahas soal header, tips memilihnya, serta contoh header website yang keren sebagai referensi untukmu.

Pengertian Header Website

Dari banyaknya contoh header website yang keren, ada prinsip dasar yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, dalam pembahasan pertama ini akan berbicara soal pengertian header agar kamu bisa membuat header sendiri secara optimal seperti contoh-contoh tersebut.

Header website terletak di bagian atas dari halaman website yang biasanya berisi informasi berupa nama website, logo, serta deskripsi singkat atas website tersebut atau artikel yang sedang dibahas. Bentuknya bisa berupa foto atau video singkat.

Tujuan Penggunaan Header Website

Ada tujuan penting penggunaan header untuk website, antara lain

A. Faktor Penentu

Menilik beragam website yang tersedia yang sama-sama memunculkan informasi yang dicari oleh pengunjung website, anggap saja mereka tidak memiliki waktu yang banyak untuk membacanya satu-satu, hal pertama yang mereka lihat dalam hitungan detik pasti header website.

Jika header website berhasil memikat hati mereka, maka website tersebut akan dipertahankan.

B. Peningkat Traffic Website

Bisa dikatakan header menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan traffic dari website milikmu bila kamu mengoptimalkan fungsinya. Dengan begitu maka banyak orang yang tertarik lalu tertarik menelusuri website-mu lebih dalam atau tertarik pada barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Tips Membuat Header Website Keren

Nah, untuk membuat header semacam itu, ada 3 tips yang bisa kamu jadikan acuan:

1. Cari Tahu Tren

Tren biasanya disesuaikan dengan perkembangan tools serta pola unik yang sedang populer, misal saat event tahun baru maka tampilan yang meriah menjadi gaya saat itu, atau bisa dengan menggunakan pola geometrik dengan warna yang sederhana. Selalu cari tahu apa yang sedang trend saat ini;

2. Perhatikan Kecepatan Halaman Web

Penggunaan gambar dan video singkat pada header website akan mempengaruhi kecepatan halaman website tersebut terbuka seutuhnya. Semakin cepat halaman web terbuka maka semakin baik karena tidak bikin pengunjung menunggu.

3. Seringkas Mungkin

Terlalu banyak informasi malah membuat tampilannya tidak menarik lagi. Gunakan kekuatan simbol atau kalimat singkat yang kaya makna untuk mengaktifkan imajinasi terkait isi website milikmu.

Contoh Header Website Keren

Setelah kamu mengetahui seluk-beluk tentang header website tetapi masih bingung, berikut akan diberikan contoh header website sebagai gambaran awal untukmu akan membuat header seperti apa

A. Animation Header

Kamu bisa menggunakan gambar bergerak untuk menampilkan kesan menarik, keren, serta unik. Banyak website yang menyediakan platform untuk membuat animasi singkat tersebut. Kamu juga bisa menekan ukurannya untuk disesuaikan dengan ukuran header website yang kamu inginkan;

B. Parallax Header

Animasi pada header ini baru bergerak jika kamu mengarahkan mouse padanya. Tentu ini memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung website. Kamu bisa menggunakan header jenis ini jika ingin mengedepankan kesan yang energik tetapi tetap simple.

C. Hero Header

Header ini berupa image statis dan bisa kamu masukkan sedikit kata-kata agar lebih informatif. Biasanya berupa produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan. Ukurannya sendiri bisa memenuhi seluruh header atau hanya tampilan simple saja dengan background putih. Disini lebih menonjolkan gambar estetik yang mampu mewakili seluruh informasi.

D. Carousel Header

Header ini menampilkan beberapa foto secara bergantian dan bisa kembali ke gambar awal layaknya komidi putar. Kamu bisa menggunakannya jika ingin menampilkan informasi secara lengkap tetapi ingin tetap terlihat ringkas, biasanya berhubungan dengan rangkaian event. Caranya dengan memotong informasi tersebut menjadi per segmen.

E. Split Header

Prinsipnya hampir sama yaitu menampilkan banyak foto tetapi foto tersebut ditempatkan secara berbarengan atau berdampingan yang mana bila diklik akan mengarahkan pengunjung website ke halaman terkait.

F. Sticky Header

Uniknya, gambar akan tenggelam dan menu pada header akan terus muncul ketika kamu menggulir halaman website karena jenis header ini hanya menonjolkan menu utama serta kotak CTA yang dirasa penting oleh pengunjung website. Namun, desain header website yang kamu gunakan sebaiknya se-simple mungkin agar tidak mengganggu konsentrasi pengunjung website saat membaca artikel atau melihat-lihat website milikmu.

G. Video Header

Kamu juga bisa menyematkan video pada header sebagai media promosi bisnis jika foto atau animasi bergerak saja tidak memungkinkan. Namun, hal yang harus kamu perhatikan adalah thumbnail pada tampilan awal dari video kamu harus menarik agar siapa saja tergerak untuk menekan tombol play.

Namun, header website yang menarik tentu harus didukung dengan hosting website yang baik untuk mengoptimalkan kinerja website milikmu agar saat dikunjungi tidak muncul masalah berarti.

Hosting Murah Terbaik

Jika kamu ingin berlangganan hosting terpercaya dengan fasilitas kelas premium dengan harga terjangkau, kamu bisa mencoba berlangganan dengan Indocenter. Kami menyediakan berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, termasuk jika kamu mencari web hosting murah. Dengan pelayanan teraman dan termudah, web kamu akan siap berkompetisi di dunia digital.

Beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan bila kamu memakai hosting Indocenter, antara lain:

1. Auto Update

Dengan pelayanan pembaruan otomatis secara berkala terutama pada sistem perlindungan akan menjaga WordPress core-mu dari ancaman yang tidak diinginkan;

2. Pencadangan Bulanan

Kami akan memperhatikan setiap website yang terafiliasi dengan Indocenter dan menjamin adanya backup data secara otomatis setiap bulannya;

3. Unlimited Email

Untuk menunjang profesionalitas dari bisnis kamu, Indocenter memberikan fasilitas pengiriman email bisnis unlimited tetapi tetap memperhatikan kualitas server kamu agar tetap optimal. Tidak hanya itu, dengan fitur ini, kamu juga bisa membuat banyak alamat email bisnis yang bisa kamu sesuaikan dengan keperluan.

4. Harga Terjangkau

Berbagai fitur kelas premium dapat kamu nikmati dengan harga yang murah. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu, terutama jika kamu baru mencoba membuat website sendiri.

Ada juga fitur yang cocok untuk kamu yang sudah melangkah ke arah profesional website, misal untuk promosi bisnis sendiri atau organisasi profit atau nonprofit milik bersama.

Jika kamu tertarik bekerja sama dengan kami dan ingin merasakan pengalaman pertama dalam dunia website secara optimal, kami siap membantumu sepenuh hati untuk mencapainya. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi website resmi Indocenter atau menghubungi kontak Indocenter.

Itulah informasi lengkap seputar 7 contoh header website beserta prinsip dasarnya yang mana penting sekali untuk diperhatikan agar kamu bisa membuat header sendiri tanpa tidak kehilangan esensi darinya. Tentunya ini semua diperlukan untuk membuat website semenarik mungkin. Cek artikel lainnya untuk tips hosting keren lain.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel