Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

cara mencari expired domain

Ingin Membeli Expired Domain? Ini Cara Mencarinya!

4 min read

Share this article

Expired domain merupakan domain yang telah bekas atau milik pengguna lain yang sudah kadaluarsa dan sudah tidak dipakai lagi. Ketika masa aktifnya telah habis, nama domain tidak diperpanjang lagi. Expired domain banyak dicari karena domain ini telah mempunyai rekam jejak digital, backlink, atau authority. Cara mencari expired domain wajib diketahui bagi pengguna yang ingin memakai expired domain untuk meningkatkan SEO website.

Expired domain dapat meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian cara cepat. Namun, tidak sembarangan expired domain akan memberi peningkatan SEO, karena hanya domain yang berkualitas tinggi saja. Oleh karena itu, cara mencari expired domain harus melakukan riset terlebih dahulu.

Mengapa expired domain banyak dicari? Meskipun sudah kadaluarsa, namun domain jenis ini mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan domain baru. Page rank yang tinggi pada expired domain akan mempermudah website memperoleh ranking tinggi pada hasil pencarian di Google. Biasanya expired domain sudah mempunyai banyak backlink yang berkualitas sehingga membangun link profile menjadi lebih mudah.

Cara Mencari Expired Domain Dengan Mudah

Ada beberapa website yang dapat digunakan untuk mencari expired domain. Yang paling sering dipakai adalah expireddomains.net. Selain dari website tersebut, ada beberapa lagi yaitu domcop.com, domaincoasters.com, dropcatch.com, dan serp.domains. Berikut ini cara mencari expired domain yang berkualitas menggunakan expireddomains.net.

1. Membuat akun

Cara mencari expired domain menggunakan website ini bisa tanpa membuat akun, tetapi tidak dapat memakai filter yang memudahkan pencarian tanpa melakukan log in. Untuk membuat akun caranya mudah. Masuk ke expireddomain.net, kemudian klik menu sign up. Masukkan username, password, dan nama email. Klik sign up. Kemudian aktifkan akun melalui link yang dikirim ke email.

2. Log in ke member area

Setelah akun expireddomains.net telah aktif, lakukanlah log in dengan cara klik ‘Login’ yang berada di sebelah pojok kanan atas.

3. Memilih ekstensi domain

Setelah log in dan masuk ke halaman member area, kemudian klik Menu dan pilihlah ekstensi domain sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, daftar expired domain akan muncul.

4. Memakai filter pencarian

Pada expireddomains.net mempunyai filter pencarian sehingga akan memudahkan saat mencari expired domain yang sesuai. Untuk menggunakan filter pencarian ini caranya adalah klik ‘Show Filter’ yang ada di atas daftar domain. Ada beberapa opsi domain pada daftar yang akan ditemukan.

Tips Mencari Expired Domain

Expired domain banyak memberikan keuntungan dan digunakan sebagai kebutuhan PBN atau private blog network dengan tujuan website utama memperoleh support yang baik. Tetapi, pemilihan expired domain tidak bisa memilih sembarangan dan asal saja. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat memilih expired domain agar memperoleh dengan kualitas tinggi. Berikut beberapa tips cara mencari expired domain.

1. Memperhatikan history domain

History domain ini berkaitan dengan kualitas domain di masa lalu. Perhatikan pengguna domain dan niche domain di masa lalu. Jangan sampai salah memilih domain yang pernah digunakan untuk tindakan ilegal.

2. Memperhatikan usia domain

Idealnya, usia domain yang bagus digunakan sebagai expired domain adalah berusia maksimal 2 tahun. Perhitungan usia domain dimulai dari awal ketika terdaftar sampai saat akan dipakai sebagai expired domain.

3. Melihat dari indeks Google

Dari indeks Google ini dapat diketahui kualitas dari expired domain. Cara mencari expired domain melalui indeks Google ini adalah cara yang paling simpel dan praktis.

4. Memperhatikan backlink

Salah satu tujuan pemakaian expired domain adalah karena mengandung backlink yang dapat mendukung website utama. Kualitas dari expired domain juga ditentukan dengan adanya backlink. Tetapi ternyata tidak semua backlink mempunyai kualitas yang baik, bahkan banyak yang berisi spam. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan backlink sebelum membeli expired domain agar nilai offpage SEO website bagus.

5. Memperhatikan spam

Spam yang sering dilakukan oleh domain dapat berpengaruh buruk pada website. Otomatis jika expired domain sering melakukan spam akan berpengaruh buruk pada website utama. Untuk mengecek spam pada expired domain adalah memakai aplikasi Wayback. Perhatikan juga spam yang mungkin ada pada backlink domain tersebut.

6. Memperhatikan anchor text

Biasanya, anchor text menyertai backlink yang digunakan pada sebuah artikel. Pemakaian anchor text harus disesuaikan dengan isi artikel. Apabila anchor text dibuat secara sembarangan maka dapat dinilai sebagai spam dan tentu saja akan berpengaruh pada kualitas domain.

7. Melihat domain authority

Jika sudah memastikan mengenai spam pada suatu expired domain, maka yang harus diperhatikan selanjutnya adalah domain authority. Domain authority adalah cara pengukuran kekuatan website dengan indikator nilai DA 20. Sehingga jika suatu expired domain mempunyai nilai DA kurang dari 20 sebaiknya tidak usah diambil.

8. Memperhatikan citation flow dan trust flow

Poin terakhir untuk tips cara mencari expired domain adalah dengan memperhatikan citation flow, jumlah mention yang pernah diterima oleh domain. Sedangkan nilai trust flow adalah didasarkan pada authority website yang memberi backlink. Semakin tinggi nilai trust flow maka domain semakin baik. Sedangkan idealnya nilai citation flow yaitu 2 kali nilai trust flow. Sebagai indikasi domain telah dipakai untuk spam yaitu nilai citation flow tidak ideal atau terlalu tinggi.

Tertarik Dengan Expired Domain?

Untuk memperoleh expired domain ada banyak cara selain melakukan riset sendiri. Apabila kurang paham tentang expired domain ini dapat memanfaatkan layanan penyedia domain yang terpercaya. Penyedia domain akan membantu untuk memperoleh expired domain berkualitas tinggi dan beli domain murah dapat didapatkan di indocenter.co.id.

Expired domain memberikan banyak manfaat untuk website utama. Namun dalam pencarian expired domain harus berhati-hati dan memperhatikan banyak hal agar tidak sia-sia atau malah merusak website utama. Cara mencari expired domain seperti di atas dapat dilakukan agar memperoleh expired domain yang berkualitas.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait