Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

apa itu ssl

Apa Itu SSL? Apa Fungsinya dalam Sebuah Website?

4 min read

Share this article

Pernahkah kamu mendengar tentang SSL sebelumnya? Mungkin sebagian dari kamu saat ini sedang mencari tahu tentang apa itu SSL? Atau malah sudah pernah mendengar tentang SSL, tapi belum mengerti SSL itu apa?

SSL sebenarnya sangat berguna untuk website. Namun, apa efeknya jika memasang SSL di website? Apakah akan membuat error? Website akan terlindungi dari serangan hacker atau tidak? Kamu tak perlu bingung, pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai SSL. Mulai dari pengertiannya, fungsi dan manfaat, serta cara kerjanya.

Pengertian SSL
SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, salah satu komponen yang penting harus website punya. Dengan adanya SSL, transfer data pada website jadi lebih terenkripsi dan aman. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome memberikan label website yang tanpa sertifikat SSL sebagai website yang Not Secure.

Jika sistem keamanan yang satu ini ditambahkan ke website milik kamu, maka URL website akan berubah jadi HTTPS. Tujuan yang utama dari pemasangan SSL adalah menjadi pengaman pertukaran data yang terjadi lewat internet.

Mendengar tentang SSL, pastinya cukup sering juga mendengar tentang TLS. Lalu, apa perbedaan dari keduanya? Sebenarnya, saat ini SSL sudah tak dipakai lagi dan digantikan TLS. Namun meski begitu, karena orang banyak lebih mengetahui tentang istilah SSL, perusahaan tetaplah memaki istilah itu. Padahal sekarang ini fitur enkripsi disediakan, yakni TLS.

Baik SSL maupun TLS memang mengamankan transfer data pada website. Namun, TLS memang lebih baik karena lebih baru dan adalah upgrade dari SSL. Jadi, kamu tak perlu untuk merasa khawatir dengan perbedaan istilah itu.

Fungsi dan Manfaat SSL
Setelah mengetahui apa itu SSL dan alasan menggunakannya, SSL pun memiliki sejumlah fungsi dan manfaat yang bagus. SSL penting sekali untuk website, karena fungsinya untuk melindungi website dari orang yang tak bertanggung jawab. Nah, berikut ini sejumlah fungsi dan manfaat dari SSL:

A. Memberikan Perlindungan pada Website

Fungsi utama dari SSL pastinya melindungi website kamu. SSL akan buat website kamu susah di-hack oleh orang lain. Selain itu, SSL pun akan lindungi data yang penting dalam website.

B. Data Akan Menjadi Terenkripsi

Pada dasarnya SSL adalah suatu protokol ataupun jalur antara website dengan web browser. Nah, jalur tersebut biasanya rentan sekali indikasi pencurian data. Dapat dibayangkan jika data tersebut tidak dienkripsi, maka orang lain bisa secara mudah melakukan penyadapan.

Beda dengan website yang terpasang SSL, jalur website telah dilindungi oleh SSL akan sulit untuk diambil serta diterjemahkan orang lain. Itu karena informasi atau data tersebut bentuknya adalah kode-kode yang sulit dibaca.

C. Menghindarkan dari Pencurian Data

SSL/TLS dapat melindungi kamu dari ancaman pencurian data. Caranya dengan lakukan enkripsi atau dengan pengacakan data yang sensitif. Dengan demikian, sembarangan orang tidak akan dapat membaca data yang kamu miliki serta kamu kirimkan.

D. Menghindarkan dari Salah Kirim Data

SSL/TLS pun memiliki fungsi untuk otentikasi. Di mana artinya, SSL/TLS pastikan kamu kirimkan data atau informasi pada server yang sesuai dengan tujuan. Bukan malah mengirim informasi pada hacker ataupun pihak-pihak tidak bertanggung jawab lainnya.

E. Meningkatkan Reputasi Website

Saat website sudah terinstal SSL/TLS, browser akan tunjukan pemberitahuan atau notifikasi tertentu. Pada Internet Explorer, notifikasi biasanya akan berwujud block dengan warna hijau pada address bar. Sementara pada Firefox maupun Google Chrome, notifikasi akan ditunjukkan pada bentuk ikon gembok terkunci.

Notifikasi ini memiliki manfaat untuk tingkatkan reputasi serta kepercayaan website kamu di mata para pengunjung. Dengan adanya notifikasi, pengunjung website tidak akan merasa ragu untuk akses website. Saat kamu buat website toko online, calon pembeli pun tak akan ragu untuk belanja dan bertransaksi di website kamu.

F. Tingkatkan Ranking Website pada Mesin Pencarian

Algoritma Google pun lebih suka dengan website yang mempunyai sertifikat SSL/TLS. Google bahkan “memberikan larangan” penggunanya untuk kunjungi website yang tidak memiliki sertifikat SSL/TLS.

Maka tidak heran jika SSL/TLS pun berkaitan dengan ranking website pada mesin pencari. Sebuah penelitian membuktikan jika kebanyak website bersertifikat SSL/TLS memiliki posisi lebih tinggi pada mesin pencarian.

G. Tingkatkan Kualitas SEO

Memasang sertifikat SSL pada website akan berikan pengaruh positif pada kualitas SEO. Dari 2014, Google terapkan algoritma yang utamakan website dengan SSL daripada yang tanpa SSL.

Meskipun SSL hanyalah salah satu faktor SEO yang Google terapkan, pastinya akan lebih baik jika kamu pasang dan aktifkan SSL. Apalagi sekarang pun ada SSL gratis.

H. Patuhi Aturan Transaksi

Jika website kamu merupakan website toko online yang sediakan payment otomatis memakai kartu kredit ataupun kartu debit, pastinya website kamu harus instal SSL/TLS dahulu. Hal itu karena jika ada kebocoran data nasabah maupun pelanggan, kamu bisa didenda hingga ratusan ribu dolar.

Cara Kerja SSL/TLS
Setelah paham dengan pengertian dan manfaat SSL, saatnya kamu ketahui cara kerjanya. SSL ini nantinya akan bantu kamu di dalam amankan komunikasi dua komputer terhubung jaringan internet.

Pertukaran data seperti kunjungi website, pengiriman serta penerimaan email, beli barang secara online, dan data-data perusahaan yang penting akan dienkripsi supaya tak ada oknum yang tidak bertanggung jawab berusaha untuk memakai data-data itu dengan ilegal.

SSL mempunyai dua kombinasi, yaitu public key serta private key. Public key dipakai untuk enkripsi data yang akan dikirimkan, sedangkan private key dipakai untuk deskripsikan data ke format yang bisa dipakai lagi oleh penerima data.

Cara Pilih SSL/TLS
SSL/TLS sebenarnya mempunyai beberapa jenis. Perlu untuk kamu ketahui jika ada SSL berbayar serta SSL gratis. Untuk kamu yang ingin gunakan SSL murah untuk yang pertama kalinya serta ingin lakukan eksperimen tanpa keluarkan biaya, kamu dapat coba SSL gratis dari Cloudflare.

Namun, apabila kamu ingin pilih versi yang gratis, kamu tak akan dapatkan berbagai fitur premiumnya. Setelah website atau blog kamu mulai berkembang, kamu bisa memilih SSL yang berbayar dengan jenis DV SSL.

Jika kamu mempunyai website yang digunakan untuk bisnis ataupun untuk sebuah organisasi, maka OV SSL atau Organization Validated SSl merupakan pilihan yang tepat untuk pastikan kepemilikan dari domain yang terdaftar dengan nama organisasi atau perusahaan, lokasi yang jelas serta informasi yang penting lain.

Terakhir, yakni EV SSL atau Extended Validated. Untuk kamu yang jalankan bisnis online ataupun e-commerce, SSL jenis yang satu ini merupakan pilihan yang terbaik karena memiliki tingkat keamanan yang tertinggi.

Nah, demikian pembahasan mengenai apa itu SSL, manfaat dan fungsi, cara kerja, hingga cara memilihnya. Perlu untuk kamu ketahui dan ingat, jika mempunyai sebuah website tak hanya mengenai hosting bagus, tips hosting, tapi ada sejumlah hal yang juga perlu untuk diketahui dan bahkan terapkan untuk perkembangan hingga keamanan website seperti SSL.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Related artikel