Parking on domain atau yang disebut domain alias adalah sebuah fitur untuk mengarahkan beberapa domain kosong ke domain utama yang telah terisi, yang mana jika beberapa domain diklik akan memunculkan halaman website yang sama. Contohnya Ibu Rani memiliki website dengan 2 domain berbeda, yakni www.ranishoes.com dan www.rani-shoes-store.com. Salah satu website Ibu Rani ada yang kosong, yaitu domain www.ranishoes.com, yang kemudian Ibu Rani menggunakan fitur parking on domain. Maka ketika ada pengunjung yang membuka www.ranishoes.com dan www.rani-shoes-store.com, maka akan muncul halaman yang sama. 

Website merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan informasi. Agar website dapat diakses oleh banyak orang, maka diperlukan layanan yang bisa mempublikasikan website. Hosting merupakan layanan yang dapat menyimpan data website, yang mana hal ini membutuhkan penyewaan server di internet agar website bisa diakses oleh semua orang. Terdapat beberapa fitur dalam hosting, salah satunya adalah Parking on domain.

Langkah – langkah untuk menerapkan fitur Parking on Domain

Sebelum menggunakan fitur parking on domain maka dibutuhkan 2 domain yang menjadi domain utama yang memiliki isi dan domain kedua yang kosong, selanjutnya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Login terlebih dahulu ke Indocenter kemudian masuk ke Services.

2. Klik Services, kemudian klik hosting yang telah dibeli.

3. Akan muncul tampilan berikut, selanjutnya klik login to cPanel

4. Muncul tampilan sebagai berikut, selanjutnya klik “Aliases” di menu “Domains”

5. Muncul tampilan sebagai berikut, selanjutnya isi kolom aliases dengan domain lain.



6. Tampilan berikut merupakan pemeberitahuan jika fitur parking on domain sudah berhasil digunakan.