Sama seperti toko fisik, toko online juga memerlukan tampilan yang eye catching untuk menarik pengunjung datang. Tidak hanya sebatas tampilan dasar website yang sederhana dan apa adanya. Perlu adanya fitur toko online yang tidak hanya membuat toko online terlihat menarik. Tapi juga dengan navigasi yang mudah dan alur belanja yang singkat.
Perlu diingat bahwa sebagian besar konsumen belanja online menggunakan smartphone. Jadi pastikan kamu menggunakan berbagai fitur agar tampilan toko online lebih mobile friendly. Lalu harus menggunakan fitur yang bagaimana? Baca selengkapnya pada artikel ini.
Berbagai Fitur Toko Online
Jika tampilan website kamu masih standard, sebaiknya gunakan beberapa pilihan fitur toko online ini :
1. Logo Bisnis
Tidak hanya sebatas identitas bisnis saja, logo juga bisa membantu customer mengingat toko online kamu. Sehingga ketika mereka membutuhkan produk seperti apa yang kamu jual, toko yang pertama mereka tuju adalah toko online kamu, bukan kompetitor.
Kamu bisa menggunakan fitur logo bisnis dan menempatkan logo pada halaman utama. Tujuannya adalah agar mempermudah pengunjung memasuki halaman pertama tersebut. Tak hanya itu saja, logo juga bisa kamu tempatkan pada beberapa halaman penting agar kredibilitas tokomu semakin meningkat. Sekarang sudah banyak aplikasi desain grafis yang memudahkan kamu membuat logo toko online.
2. Customer Register/Login
Kamu bisa menambahkan fitur login dan register. Fungsinya adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman. Selain itu, fungsi login dan register adalah sebagai database customer yang bisa kamu manfaatkan untuk memberi informasi promo.
Karena ketika pelanggan melakukan registrasi, akan memasukkan berbagai data diri. Seperti nama, alamat, nomor dan juga email.
Pastikan kamu tidak mempersulit proses login atau register. Karena banyak pelanggan yang memilih pergi atau tidak jadi membeli dengan alasan karena proses login atau register yang terlalu rumit. Dan jangan lupa memisahkan halaman register dan login untuk mempermudah customer mengaksesnya.
3. Detail Produk
Foto memang elemen pertama yang akan memberi keputusan konsumen apakah akan membeli atau tidak. Tampilan foto yang menarik akan memberi peluang pembelian yang cukup besar.
Tetapi, foto produk yang baik saja tidak menjamin adanya repeat order. Perlu adanya komitmen untuk mengirimkan barang yang memang sesuai dengan pesanan pelanggan.
Maka dari itu, kamu juga harus menyertakan detail produknya, seperti harga produk, deskripsi lengkap, pengiriman dari mana, berat kotor, dan lain sebagainya. Termasuk video produk jika memang diperlukan. Pastikan kamu menuliskannya dengan lengkap untuk menghindari kekecewaan pelanggan setelah barang datang.
4. Keranjang Belanja
Bagi kamu yang sering berbelanja online, pasti tidak asing lagi dengan fitur toko online yang satu ini. Apalagi kalau bukan keranjang belanja. Biasa ditempatkan pada pojok kanan dan kiri halaman produk. Berfungsi untuk meletakkan daftar belanja sebelum mereka melakukan transaksi.
Fitur ini hadir dalam bentuk gambar ikon. Tapi ada juga yang membuat keranjang belanja dengan tulisan “add to cart”. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan beberapa plugin seperti shopify atau WooCommerce.
5. Wishlist
Wishlist adalah fitur tempat penyimpanan barang yang ingin dibeli oleh pengunjung. Saat pelanggan ingin membeli barang itu tapi belinya kapan-kapan, bisa memasukkan barang pada wishlist. Tujuannya adalah ketika besok-besok siap membeli, mereka tidak perlu kesulitan mencari di etalase. Cukup buka wishlist dan menemukan barang yang telah mereka simpan.
Ini adalah fitur yang cukup penting pada toko online. Bertujuan agar pelanggan mau mengunjungi toko kembali dan berbelanja. Jadi pastikan kamu menempatkan fitur wishlist dengan mudah dan tepat. Tambahkan pula fitur share agar pelanggan bisa membagikan isi wishlist di media sosial.
6. Halaman Promosi
Fitur toko online yang tidak boleh kamu abaikan adalah halaman promosi. Berfungsi untuk menempatkan promo yang sedang berlangsung. Kamu bisa menempatkan promo pada tempat yang strategis agar mudah ditemukan.
Ada beberapa promo yang bisa kamu berikan. Seperti buy 1 get 1 free, diskon di tanggal cantik, gratis ongkir untuk minimum belanja, dan lain sebagainya. Cara ini tidak hanya menarik pelanggan baru. Tapi juga mempertahankan pelanggan lama untuk beli lagi.
7. Review Pelanggan
Salah satu pertimbangan bagi calon pembeli apakah akan membeli atau tidak adalah review dari pelanggan sebelumnya. Mereka tidak akan ragu untuk membeli jika banyak review positif dengan rating bintang yang cukup baik. Maka dari itu, pastikan ada halaman review pelanggan pada toko online kamu.
Jangan hanya sebatas memberi pilihan bintang saja, tapi juga harus menyertakan kolom komentar. Agar pelanggan bisa memperjelas kualitas produk dan layanan dalam kolom komentar. Jika kualitas barang dan layanan tokomu baik, pelanggan akan senang hati memberi komentar yang positif.
8. Fitur Call to Action
Foto dan etalase bagus, ada keranjang dan wishlist. Banyak komentar positif. Tapi jika pengunjung susah menemukan tombol untuk melakukan pembelian, pengunjung akan memilih keluar dan mencari toko lain.
Inilah alasan mengapa tombol call to action harus ada pada salah satu fitur toko online. Tujuannya adalah untuk mempermudah pelanggan menghubungi admin untuk melakukan transaksi.
Fungsi tombol CTA tidak hanya untuk melakukan pembelian saja. Tapi bisa juga sebagai langkah untuk melakukan tujuan yang ingin kamu capai. Misalkan agar pengunjung melakukan download aplikasi, berlangganan newsletter, download e-book, dan lain sebagainya.
9. Live Chat
Fitur live chat berfungsi untuk menghubungkan admin toko online dengan customer. Melayani berbagai pertanyaan seperti harga, bahan yang digunakan, harga ongkos kirim, berapa lama pengiriman, dan lain sebagainya.
Selain itu, fitur ini juga mempermudah pelanggan untuk mengajukan komplain atau retur jika barang tidak sesuai dengan deskripsi. Jadi pastikan kamu meletakkan fitur live chat pada tempat yang mudah dijangkau pengunjung.
10. Halaman Payment
Selain mudah untuk melakukan pembelian, pelanggan juga menyukai toko online yang mempermudah proses pembayaran. Tidak hanya menggunakan satu cara pembayaran saja. Tapi juga menyediakan berbagai cara pembagian yang fleksibel. Mulai dari transfer bank, menggunakan aplikasi payment, hingga menggunakan paylater.
Banyaknya ragam pilihan pembayaran membuat pelanggan lebih leluasa untuk melakukan pembayaran. Karena ada beberapa pelanggan yang membatalkan pembelian karena seller hanya memberi satu opsi cara pembayaran saja.
11. Fitur Informasi Produk Baru
Apa yang akan kamu lakukan jika toko online kamu menjual produk baru? Mungkin akan menawarkan produk tersebut dan meletakkannya pada tempat yang strategis agar mudah dijangkau oleh pelanggan. Itu adalah cara paling efektif untuk memperkenalkan produk baru lengkap dengan deskripsi dan fitur yang dimilikinya.
Oleh sebab itu, kamu harus menyediakan halaman khusus untuk menempatkan produk baru. Agar lebih menarik, gunakan nama halaman yang menarik pula. Seperti “New Arrivals”, “Latest Collection”, “New Collection”, “Lagi Trending”, atau nama lain yang sesuai dengan fitur toko online ini.
Itulah beberapa fitur toko online yang harus ada di dalam website toko online kamu. Dan satu lagi. Untuk memastikan toko online kamu bisa diakses 24 jam, ambil hosting terbaik dari paket hosting toko online di Indocenter. Karena kualitas uptime yang lebih baik dari penyedia layanan hosting lainnya.