Promo slot over here ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

Apa Itu User Experience dan Mengapa Penting dalam Sebuah Bisnis?

Apa Itu User Experience dan Mengapa Penting dalam Sebuah Bisnis?

4 min read

Share this article

UX alias user experience adalah aspek yang sangat penting dan begitu dibutuhkan saat ini. Baik itu untuk kebutuhan situs website, software komputer, aplikasi smartphone, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai definisi UX serta pentingnya dalam dunia bisnis.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai User Experience yang Penting Untuk Kebutuhan Bisnis

Pada dasarnya, user experience adalah hal-hal apa saja yang dirasakan oleh para pengguna saat menggunakan produk digital kamu itu tadi. Biasanya pengalaman ini dilihat dari betapa mudahnya pengguna untuk memperoleh apa yang diinginkan terhadap produk digital tersebut.

Dengan kata lain, user experience yang pastinya tidak akan membuat para pengguna merasa kesusahan untuk mencapai tujuannya sendiri. Hal ini dibuktikan pada desain situs website yang diberikan kepada para penggunanya.

Mulai dari desainnya yang ramah alias user friendly, produk digitalnya yang ringan dan cepat ketika diakses, menu yang simple, hingga berbagai layanan lainnya yang memudahkan para pengunjung. Lain halnya dengan user experience yang kurang bagus maka nantinya akan membuat para pengunjung enggan datang kembali untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

User experience adalah sebuah fitur yang digunakan untuk menarik perhatian calon pembeli nantinya. Sehingga nantinya para konsumen tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang kamu tawarkan.

Dengan demikian, dapat dikatakan juga bahwa user experience adalah suatu hal yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Sehingga keberadaannya sendiri patut diperhatikan sedari awal supaya mampu menarik minat konsumen ke depannya.

Pentingnya Keberadaan User Experience di Dunia Bisnis untuk Meningkatkan Profit Penjualan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa user experience adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis. Untuk itu, kamu tidak boleh menganggap keberadaannya remeh sebab jika sampai hal tersebut terjadi maka akan muncul efek buruk setelahnya, berikut penjelasannya:

1.       Menghindari Risiko Pengguna Meninggalkan Produk Digital

Apabila user experience dibuat asal-asalan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor tertentu maka nantinya menghasilkan dampak negatif bagi para penggunanya. Misalnya saja seperti aplikasi digital yang sangat lambat ketika dijalankan hingga menu navigasinya begitu rumit dan tidak teratur.

Bahkan, desain elemennya sendiri kerap berubah-ubah sehingga membingungkan para pengunjung. Apalagi layar aplikasi digital tersebut dipenuhi informasi maupun gambar yang sebenarnya tidak terlalu memuat data-data penting. Apabila hal tersebut sampai dirasakan oleh para pengunjung, maka bukan tidak mungkin jika nantinya user merasa kurang nyaman saat mengakses produk digital.

Parahnya lagi, nantinya bisnis yang kamu dirikan tersebut tidak memiliki keuntungan sama sekali hanya karena tampilan UX yang buruk. Jadi, tanpa kamu sadari reputasi bisnis menjadi hancur karena review dari pelanggan sebelumnya tidak menyenangkan sama sekali.

Supaya hal tersebut tidak terjadi maka kamu harus menyadari bahwa user experience adalah aspek penting yang harus diawasi untuk meningkatkan minat pengunjung nantinya. Bagi kamu pemilik bisnis, user experience sangat penting untuk diperhatikan karena mampu meningkatkan profit penjualan sesuai yang diinginkan.

2.       Sebagai Sarana Investasi Jangka Panjang

Setelah mengetahui bahwa user experience adalah berbagai macam hal yang menyangkut perasaan para pengguna dalam mengakses aplikasi digital, maka kamu harus menyadari keberadaannya. Di mana user experience ini ternyata mampu dijadikan sebagai alat investasi jangka panjang.

Alasannya tak lain karena nantinya para konsumen akan terus memakai produk maupun aplikasi digital yang kamu buat tadi kedepannya jika UX yang dimiliki bagus. Untuk itu, kamu membutuhkan strategi pembuatan produk digital yang matang supaya nantinya para konsumen merasa betah saat mengaksesnya.

Buat tampilan user experience yang tidak hanya mampu memanjakan mata saja melainkan juga bisa memberikan pengalaman baru bagi para konsumen. Apalagi saat ini persaingan di era digital begitu ketat, maka dari itu mau tak mau kamu wajib mendesain user experience yang bagus supaya bisnis tetap berjalan lancar.

3.       Meningkatkan Penghasilan

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa user experience adalah salah satu hal yang dapat digunakan untuk menaikkan profit penjualan. Buktinya, jika user experience dirancang secara tepat maka para pengguna tidak akan merasa kesulitan saat mengakses produk digital yang kamu ciptakan.

Bahkan, para pengguna tidak harus menunggu terlalu lama situs website maupun aplikasi digital bisnis kamu tadi. Jika ingin melakukan proses pembayaran juga sangat mudah dan juga cepat karena sistem user experience telah dirancang dengan sangat baik sehingga tidak terjadi error.

Para pengguna merasa nyaman saat menggunakan produk digital kamu sehingga tidak akan pindah ke kompetitor lainnya. Sebab,  para pengunjung telah mendapatkan apa yang diinginkan maupun dibutuhkan hanya dengan melalui tampilan user experience yang tepat.

Tujuan utama bisnis pastinya mendapatkan keuntungan, salah satunya yaitu dengan melalui tampilan user experience yang bagus. Jika segala sesuatunya sudah bagus, maka bukan tidak mungkin apabila nantinya para pembeli akan melakukan repeat order berulang kali. Dengan demikian, keuntungan penjualan bisa kamu dapatkan berkali lipat melalui UX yang bagus tadi.

4.       Citra Perusahaan Semakin Bagus di Mata Calon Pembeli

Dengan memahami bahwa user experience adalah suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan maka kamu tidak akan pernah menganggapnya remeh begitu saja. Sehingga segala macam upaya akan dilakukan untuk membuat tampilan user experience pada produk digital semakin bagus di mata para konsumen.

Pilih desain user experience yang simple, konsisten, dan juga responsive supaya membuat nyaman para pengguna nantinya. Jangan gunakan elemen, tulisan, dan juga gambar yang tidak dibutuhkan supaya proses loading produk digital milik kamu jauh lebih cepat.

Jika nantinya satu pengguna sudah nyaman terhadap tampilan user interface yang kamu rancang tersebut, maka bukan tidak mungkin jika yang lainnya  merasakan hal yang sama. Bahkan, jangan heran jika nantinya user tersebut akan memberitahukan produk digital kamu kepada keluarga maupun teman terdekatnya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot melakukan proses marketing atau promosi untuk menggaet pengguna baru. Mengingat pengguna lama sudah mempromosikan produk digital kamu sendiri secara tidak langsung melalui teknik marketing dari mulut ke mulut. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan ulasan atau review yang positif dari para pengguna.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa user experience adalah pengalaman para pengguna melakukan interaksi terhadap berbagai macam produk digital. Salah satu hal  yang tidak boleh dilewatkan ketika membangun UX pada sebuah situs website yaitu jasa hosting yang berkualitas. Indocenter.id menyediakan berbagai macam paket hosting bagi kamu yang telah dilengkapi dengan SSL maupun online backup. Jadi segera aja deh beli hosting murah di indocenter.id, dan pastinya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Wujudkan Website Personalmu, Mulai Online Sekarang Juga!

Dapatkan layanan terbaik, jaminan keamanan ekstra, dan support 24/7 dengan harga terjangkau bersama kami!

Artikel Terkait